Cegah Corona, Perkantoran dan Bank di Bandung Terapkan Protokol Khusus

Senin, 16 Maret 2020 - 10:33 WIB
Cegah Corona, Perkantoran dan Bank di Bandung Terapkan Protokol Khusus
Mengantisipasi meluasnya wabah Virus Corona atau COVID-19, sejumlah perkantoran dan bank di Kota Bandung menerapkan protokol khusus. SINDOnews/Abdullah M Surjaya
A A A
BANDUNG - Mengantisipasi meluasnya wabah virus Corona atau COVID-19, sejumlah perkantoran dan bank di Kota Bandung menerapkan protokol khusus. Protokol diberlakukan untuk memproteksi masyarakat atau pekerja kantor yang memiliki suhu tinggi.

Salah satu protokol khusus, diterapkan bank bjb. Mulai hari ini, langkah proteksi yang ditetapkan perusahaan di antaranya dengan melakukan pengecekkan suhu tubuh kepada setiap orang yang memasuki wilayah kantor. Bank bjb membatasi suhu tubuh maksimal pengunjung yang diperkenankan memasuki kantor tidak lebih dari 37,5 derajat celcius.

Jika suhu tubuh di atas batas tersebut, disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter/fasilitas kesehatan terdekat untuk deteksi dan pencegahan dini. Bank bjb juga menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat terutama di lingkungan kerja.

Melalui menjaga kebersihan dan kesehatan serta menyiapkan alat berupa disinfektan, tisu kering, masker, tempat sampah dan termometer pada setiap ruang kerja, ruang rapat, ruang makan di masing-masing unit kerja.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb Widi Hartoto mengatakan, standar protokol khusus ini diterapkan sejak perkembangan Virus Corona memperlihatkan gejala perluasan dan telah ditetapkan oleh World Health Organization (WHO) sebagai Pandemi.

"Penyebaran Virus Corona yang terjadi saat ini mengundang keprihatinan sekaligus perhatian tersendiri bagi perseroan. bank bjb bersimpati sekaligus mendoakan kepada mereka yang terjangkit agar segera diberi kesembuhan. Sebagai upaya antisipasi, bank bjb juga ikut mengambil langkah-langkah untuk meningkatkan kewaspadaan sekaligus menghindari kepanikan," katanya.

Selain itu, kata dia, semua pegawai diminta memastikan kebersihan tempat kerja, serta menggiatkan kampanye pencegahan penyebaran virus dengan menjaga kebersihan tangan terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata, maupun setelah memegang instalasi publik. Diingatkan pula untuk mencuci tangan secara benar dan teratur dan menutup mulut dan hidung dengan tisu saat batuk dan pilek.

Selain itu, insan bank bjb beserta anggota keluarganya juga dihimbau untuk menghindari kunjungan ke negara dengan status berisiko tinggi maupun ke negara yang telah mengonfirmasi kasus COVID-19. "Berbagai langkah proteksi ini akan kami berlakukan sebagai protokol standar hingga penyebaran Virus Corona mereda dan otoritas yang berwenang memberikan instruksi lebih jauh," ujar Widi.

Selain bank bjb, protokol khusus juga diberlakukan di Kantor IDX Bandung, Jalan PH Mustofa, Kota Bandung. Kantor Bursa Efek Indonesia ini mengharuskan setiap tamu yang berkunjung untuk mengisi data diri dan surat penyataan.

Tamu juga di screening menggunakan thermo gun untuk mengecek suhu tubuh. Bila suhu dibawah 37 derajat celcius, pengunjung diperkenankan masuk ke gedung tersebut. (Baca juga; Waspada! Ini Sarang Virus di Kantor Anda )

Hal serupa juga dilakukan kantor Bank Indonesia Jawa Barat di Jalan Braga, Kota Bandung. Pengunjung yang masuk diperiksa suhu tubuh menggunakan thermo gun oleh security. (Baca juga; Cegah Corona, Rangkaian Kereta Api Disemprot Desinfektan )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4182 seconds (0.1#10.140)