alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

November 2018, Kabupaten Kuningan Mulai Masuk Musim Hujan

Inin Nastain
November 2018, Kabupaten Kuningan Mulai Masuk Musim Hujan
Prakiraan Kabupaten Kuningan akan mulai memasuki musim hujan pada November 2018. Foto: ISTIMEWA

MAJALENGKA - Musim hujan di Kabupaten Kuningan diprakirakan akan dimulai pada Dasarian I bulan November, atau antara tanggal 1 hingga 10 November. Namun, hujan yang mengguyur Kabupaten Kuningan secara merata diprediksi baru akan terjadi pada Dasarian III, antara 21 hingga 30 November.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Jatiwangi terdapat 10 kecamatan yang berpeluang akan masuk musim hujan pada Dasarian I. Ke-10 kecamatan itu yakni kecamatan Darma, Kuningan kota, Garawangi, Ciniru, Hantara, Selajambe, Maleber, Ciwaru, dan Cilebak.

Kecamatan yang diprakirakan mulai musim hujan pada Dasarian I itu, masuk kategori zona musim 90 atau sifat hujan normal. Memasuki Dasarian II, giliran 14 kecamatan lain yang akan mulai masuk musim hujan. Kendati begitu, dari 14 kecamatan tersebut, ada perbedaan dalam hal kategori zona musim atau sifat hujan.

Kecamatan Mandirancan, Pasawahan, Cilimus, Jalaksana, Kratamulua dan Kecamatan Cigugur masuk ke dalam zona musim 91, atau sifat hujan di bawah normal.

Adapun delapan kecamatan lainnya masuk ke dalam zona musim 95 atau sifat hujan normal. Ke delapan kecamatan itu antara lain, Kecamatan Ciawigebang, Kalimanggis, Cidahu, Lebakwangi, Luragung, Cibereum, Karangkancana dan Kecamatan Cibingbing.

Terakhir, Kecamatan Cigandamekar dan Kecamatan Japara diperkirakan baru akan masuk musim hujan pada Dasarian III, dari tanggal 21 sampai akhir bulan November. Untuk zona musim sendiri, dua kecamatan itu masuk ke dalam zona musim 92 atau di bawah normal.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif