Aa Umbara Beri Sinyal Positif Pendirian SMK Pariwisata Pasundan

Minggu, 15 Maret 2020 - 20:55 WIB
Aa Umbara Beri Sinyal Positif Pendirian SMK Pariwisata Pasundan
elantikan Koperasi Paguyuban Pasundan Cabang KBB periode 2020-2025 yang menghasilkan inisiatif pembangunan SMK Pariwisata sebagai upaya penyiapan SDM berkualitas dan mendukung program kepariwisataan di KBB. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Bupati Kabupaten Bandung Barat (KBB), Aa Umbara Sutisna memberikan sinyalemen positif terhadap rencana pendirian SMK Pariwisata di KBB.

Kehadiran SMK Pariwisata diharapkan mampu meningkatkan kualitas pendidikan dan sumber daya manusia (SDM) di KBB serta dapat mendukung program kepariwisataan yang kini sedang dikembangkan, khususnya di wilayah selatan.

"Salah satu yang menjadi fokus pengembangan pembangunan di pemerintahan kami adalah sektor wisata. Makanya, ketika ada usulan agar di KBB didirikan SMK Pariwisata, saya sangat mendukung," ucapnya kepada wartawan, Minggu (15/3/2020).

Menurutnya, hal itu juga sejalan dengan target Pemda KBB yang ingin mengembangkan 10 destinasi wisata di wilayah selatan. Guna menopang keberkelanjutan program tersebut, maka diperlukan SDM yang memiliki bakcground kepariwisataan.

Efek jangka panjangnya, kata Aa, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat mengingat sektor pariwisata berkorelasi dengan berbagai bidang lainnya.

"Saya kira kalau niatnya sudah bulat bisa cepat terealisasi dan pasti kami dukung, apalagi ini kan buat masyarakat juga," tegasnya.

Rencana pendirian SMK Pariwisata di KBB mencuat saat pelantikan Koperasi Paguyuban Pasundan Cabang KBB periode 2020-2025 di Dusun Bambu Jalan Kolonel Masturi, Kecamatan Cisarua, KBB.

Ketua Umum PB Paguyuban Pasundan, Didi Turmudzi menyebutkan, kehadiran SMK Pariwisata di KBB diharapkan bisa memenuhi kebutuhan SDM di bidang kepariwisataan.

"Semoga rencana adanya SMK Pariwisata di KBB bisa secepatnya terlaksana. Kalau tanahnya bisa ada tahun ini, diharapkan tahun depan sudah bisa dibangun," ucapnya.

Hal lain yang menjadi perhatiannya adalah membangun koperasi dan usaha kecil menengah (UKM). Pasalnya, Kementerian Koperasi dan UKM memiliki program untuk membantu pengembangan koperasi melalui Lembaga Bantuan Dana Bergulir (LBDB).

"Kami ingin di KBB juga ada koperasi yang dibina oleh Kementerian Koperasi dan UKM, sehingga bisa menghasilkan produk-produk yang dapat diekspor," katanya.

Ketua Cabang PB Paguyuban Pasundan KBB, Erni R Ernawan berharap, peresmian Koperasi Paguyuban Pasundan dapat membawa manfaat untuk masyarakat, khususnya di KBB.

Menurutnya, Paguyuban Pasundan yang sudah berusia 107 tahun telah memiliki 4 perguruan tinggi dan lebih 100 sekolah dari tingkat SD, SMP, dan SMA. Kehadiran SMK Pariwisata di KBB, kata Erni, sebagai upaya penyiapan SDM dan wujud kontribusi menjadi mitra kerja pemerintah.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Duta Koperasi KUKM RI, Tubagus Dedi Suwandi Gumelar (Miing); Anggota DPR RI komisi I/Dewan Pengaping Paguyuban Pasundan, TB Hasanuddin; Anggota DPR RI Komisi X, Rian Firmansyah; Ketua DPRD KBB, Rismanto; Ketua YPT Pasundan, Makbul Mansyur; Sekertaris YPT Pasundan, Cece Suryana; Ketua YPDM Pasundan, T Subarsyah; dan Rektor Unpas, Eddy Jusuf.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.0135 seconds (0.1#10.140)