Bike Park, Trek Sepeda Downhill di The Lodge Maribaya bagi Pecinta Olahraga Ekstrem

Sabtu, 14 Maret 2020 - 23:07 WIB
Bike Park, Trek Sepeda Downhill di The Lodge Maribaya bagi Pecinta Olahraga Ekstrem
Sejumlah pesepeda sedang menjajal trek sepeda downhill sepanjang 1,5 km yang baru dibuka di dalam kawasan wisata The Lodge Maribaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Sabtu (14/3/2020). SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - The Lodge Group mengembangkan wahana baru berupa bike park atau trek sepeda downhill sepanjang 1,5 kilometer di dalam kawasan wisata The Lodge Maribaya. Wahana tersebut kini sudah bisa dijajal oleh para pecinta sepeda extrem downhill setelah resmi dilaunching dan dibuka untuk umum pada Sabtu (14/3/2020).

Pada launching tersebut, sejumlah atlet nasional dan berbagai komunitas pencinta sepeda downhill, langsung menjajal trek yang menyajikan pemandangan alam hutan pinus di kanan kiri jalan. Hal itu juga sebagai persiapan gelaran kompetisi balap sepeda 'The Lodge Downhill Championship' yang akan digelar 3-5 April 2020.

"Hari ini trek sepeda downhill dilaunching dan sebagai persiapan The Lodge Downhill Championship bulan depan, dalam rangka hari jadi keempat The Lodge Maribaya yang jatuh pada 11 April 2020," terang Head of Marketing Communications The Lodge Maribaya, Puji Fauziah Setia Rahayu, saat ditemui Sabtu (14/3/2020).

Nantinya, kata dia, trek sepeda downhill akan dibuka untuk umum sehingga siapa saja bisa menguji kemampuan bersepeda sambil menikmati pemandangan hutan pinus. Trek downhill di area objek wisata yang dikelilingi hutan di wilayah Lembang masih sangat jarang. Sehingga diyakini bakal menjadi salah satu daya tarik baru bagi wisatawan ataupun pencinta sepeda gunung.

Terkait The Lodge Downhill Championship, Puji menargetkan bisa ada sebanyak 250 peserta yang akan ikut serta. Mereka akan datang dari berbagai negara seperti Brunei, Malaysia, Singapura dengan kategori perlombaan Men Open, Woman Open, Juvenile, Youth, Junior, Master B, Master C, Master D, Master E dan Veteran.

Kejuaraan yang skalanya nasional tersebut juga diharapkan bisa menjaring atlet sepeda berprestasi. "Kompetisinya sebagai ajang rekreasi sambil berprestasi, makanya ke depan bike park ini akan ditambah panjang lintasannya," tuturnya. (Baca juga; Lembang Wonderland Manjakan Pengunjung dengan Beragam Wahana dan Atraksi )

Salah seorang peserta dari Inggris Scoot (50) mengaku baru pertama kali menemukan trek sepeda seperti di The Lodge Maribaya. Tantangan paling sulit adalah di tikungan pertama yang membutuhkan konsentrasi penuh karena cukup menukik. Secara keseluruhan, dirinya memuji trek yang dibuat dan pemandangan indah alam berupa hutan pinus. "Overall treknya sangat inovatif dan menantang," ucapnya.

Sementara atlet profesional Ratu Amelia Puspitasari (20) menilai kombinasi antara tanjakan dan turunan yang dibuat sudah pas sehingga bagi pemula juga cocok. Untuk elevasi tikungannya juga sangat menantang sehingga pesepeda harus bisa mengatur speed saat menikung ataupun ketika melahap turunan.

"Ini (trek) sesuatu yang baru, karena kontur yang curam itu masih jarang. Perlu adaptasi dan setingan sepeda yang pas supaya bisa mencapai top speed," kata perempuan yang sudah 10 tahun menjadi atlet sepeda downhill ini.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5686 seconds (0.1#10.140)