Anggota Kodim 0604 Karawang Bantu Pengamanan Pilkades Serentak

Selasa, 16 Oktober 2018 - 10:01 WIB
Anggota Kodim 0604 Karawang Bantu Pengamanan Pilkades Serentak
Komandan Kodim 0604 Karawang Letkol Inf Endang Sumardi. Foto/SINDOnews/Nila Kusuma
A A A
KARAWANG - Kodim 0604 Karawang mengerahkan anggotanya untuk membantu pengamanan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 67 desa. Aparat Kodim yang diterjunkan dari sejumlah Koramil ini bertugas melakukan pendekatan persuasif kepada masyarakat desa yang melaksanakan pilkades.

Komandan Kodim 0604 Karawang Letkol Inf Endang Sumardi, mengatakan, pihaknya bersama Polres Karawang melakukan pendekatan persuasif untuk menjaga suasana kondusif selama pelaksanaan pilkades di 67 desa. "Dari jajaran Kodim setiap anggota Koramil turun ke desa-desa yang sedang melaksanakan pilkades untuk melakukan pendekatan kepada masyarakat. Bersama masyarakat menciptakan suasana desa yang kondusif dan menetralisir setiap potensi konflik," kata Endang Sumardi, Selasa (16/10/2018).

Menurut Endang, secara umum tahapan pelaksanaan pilkades di 67 desa tergolong kondusif. Hanya beberapa desa yang dinilai rawan terjadi konflik. Anggota Kodim diterjunkan ke desa rawan konflik untuk mencegah terjadinya benturan antarpendukung calon kepala desa.

"Kami bertemu dengan masyarakat, dengan para pendukung calon untuk menyosialisasikan pentingnya hidup damai. Soal siapa yang menang dan kalah harus disikapi dengan tetap menjaga kerukunan masyarakat desa," ujarnya.

Endang mengatakan, konflik di tengah masyarakat terkait dengan pelaksanaan pilkades bisa saja terjadi jika proses pemilihan tidak mengikuti regulasi yang ada. Karena itu, penyelenggara pemilihan dalam hal ini Panitia 11 harus mengikuti aturan yang sudah ditetapkan. "Selama berpegang dengan aturan. Panitia 11 tidak harus takut mengambil keputusan. Yang penting konsisten dan bisa menjelaskan kepada masyarakat keputusan yang sudah diambilnya sesuai dengan aturan hukumnya."
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.2992 seconds (0.1#10.140)