Ratusan Pendaftar Seleksi CPNS di KBB Gugur di Proses Administrasi

Senin, 15 Oktober 2018 - 19:23 WIB
Ratusan Pendaftar Seleksi CPNS di KBB Gugur di Proses Administrasi
Kasubid Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPSDM KBB Faisal Firdaus. Foto/SINDOnews/Adi Haryanto
A A A
BANDUNG BARAT - Setelah sempat diperpanjang, pendaftaran bagi peserta seleksi CPNS tahun 2018 melalui link sscn.bkn.go.id akan ditutup hari ini, Senin 15 Oktober 2018.

Namun banyak persyaratan awal dari para pelamar yang tidak sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan sehingga mereka akhirnya dinyatakan gagal dan tidak bisa ikut proses seleksi.

"Ada ratusan pendaftar yang dinyatakan tidak lulus administrasi. Seperti surat lamaran yang semestinya ditulis tangan dan memakai materai ditujukan ke BKN ini pakai komputer dan ditujukan ke bupati atau gubernur," kata Kasubid Pengadaan dan Mutasi Pegawai di Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bandung Barat, Faisal Firdaus, Senin (15/10/2018).

Menurutnya, berdasarkan data yang tercatat di BKPSDM tercatat ada lebih dari 2.500 peserta yang melamar untuk kuota CPNS di KBB. Namun jika hingga batas akhir waktu ditutupnya proses pendaftaran bisa jadi angka jumlah pelamar itu mencapai sekitar 3.000 pelamar. Sementara total kursi atau kuota formasi CPNS di KBB yang diperebutkan hanya berjumlah 328 orang.

Formasi itu terbagi kepada 76 tenaga kategori 2 (K2) dan 252 tenaga umum. Untuk K2 terbagi untuk tenaga pendidikan 70 orang dan tenaga kesehatan 6 orang. Dari jumlah kategori umum terdapat kuota untuk lulusan cumlaude dan bagi pekerja disabilitas. Bagi lulusan cumlaude ada sebanyak tiga orang untuk posisi dokter, sedangkan disabilitas untuk guru dua dan satu asisten apoteker.

Faisal menyebutkan, pihaknya mendapatkan surat dari BKN per tanggal 1 Oktober 2018 tentang data honorer K2. Di surat itu disebutkan jika mereka yang bisa ikut tes seleksi CPNS adalah tenaga honorer K2 yang pernah di data tahun 2012. Jika mengacu kepada surat BKN itu maka dari 76 K2 ada sebanyak 14 orang yang tidak masuk kriteria tersebut, sehingga mereka dialihkan ke jalur umum.

"Selain Permen 36/2018 acuan bagi honorer K2 adalah Surat BKN. Jadi ada 14 kuota K2 dari KBB yang tidak terisi dan dialihkan ke kuota umum," sebutnya.

Dirinya juga telah mengimbau kepada pelamar untuk sejak jauh-jauh hari mengakses situs resmi pendaftaran CPNS 2018. Pasalnya link sscn.bkn.go.id di awal-awal sempat error dan sulit diakses akibat banyaknya pelamar yang mencoba masuk.

Kondisi itu pun dikhawatirkan terjadi pada menit-menit terakhir menjelang proses penutupan karena banyaknya pendaftar yang mengakses. Hingga kini berdasarkan laporan BKN sudah ada lebih dari 4 juta akun yang mendaftar di sscn.bkn.go.id.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.7261 seconds (0.1#10.140)