Pulang dari Depok, Balita 3 Tahun di Yogya dalam Pengawasan Corona

Kamis, 12 Maret 2020 - 09:24 WIB
Pulang dari Depok, Balita 3 Tahun di Yogya dalam Pengawasan Corona
Seorang anak lelaki berusia 3 tahun dirujuk ke RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, dalam status pengawasan Corona atau COVID-19. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
YOGYAKARTA - Seorang anak lelaki berusia 3 tahun dirujuk ke RSUP Dr Sardjito, Yogyakarta, dalam status pengawasan Corona atau COVID-19. Anak tersebut dirujuk ke RSUP Dr Sardjito karena mengalami batu pilek dan sesak napas setelah pulang dari Kota Depok, Jawa Barat.

Dia berada di Kota Depok sejak 27 Februari sampai 3 Maret 2020. Tidak ada riwayat kontak dengan orang yang positif virus Corona atau COVID-19. (Baca juga; 2 Pasien di RSHS Bandung Pernah Kontak dengan Orang Positif Corona asal Depok )

Namun, setelah pulang dari Kota Depok ada gejala batuk pilek, sehingga dalam pengawas rumah sakit. Bocah tersebut dirawat di ruang isolasi anak RSUP Dr Sardjito.

Sebelumnya anak tersebut dirawat di rumah sakit PKU Muhammdiyah Yogyakarta dan dirujuk ke RSUP Dr Sardjito, Senin (9/3/2020). (Baca juga; 2 Warga Depok Positif Corona, Tertular di Pesta Dansa pada Hari Valentine )

“Pasien anak dalam pengawasan COVID-19. Saat ini masih dalam perawatan, namun kondisinya sudah stabil dan tidak panas,” kata Kabag Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, Banu Hermawan, Kamis (12/3/2020).

Banu menjelaskan, untuk memastikan apakah yang bersangkutan terinfeksi COVID-19 atau tidak, sudah mengirimkan swab dahak dan sampel darah ke Litbangkes, Kementerian Kesehatan. Saat ini masih menunggu hasilnya.

Sedangkan untuk penanganan pasien, layaknya seperti pneumonia biasanya. Yakni diberikan antibiotik dan dimonitoring secara berkala.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.5603 seconds (0.1#10.140)