Juri Hafiz Indonesia: Satu Hari Menghafal Satu Ayat Alquran Itu Mudah

Minggu, 14 Oktober 2018 - 14:35 WIB
Juri Hafiz Indonesia: Satu Hari Menghafal Satu Ayat Alquran Itu Mudah
Juri Hafiz Indonesia Nabilah Abdul Rahim Bayan (kerudung ping) berbagi tips cara menghafal Alquran melalui gerakan satu hari satu ayat. Foto: Istimewa
A A A
BANDUNG - Bagi sebagian orang, menghafal ayat-ayat Alquran mungkin sulit dilakukan. Tetapi tidak demikian bila kita memiliki tekad kuat. Bukan tidak mungkin satu hari menghafal satu ayat bisa dilakukan setiap muslim.

Juri Hafiz Indonesia Nabilah Abdul Rahim Bayan mengatakan, menghafal Alquran itu sangat mudah dan bisa dilakukan setiap hari. Salah satu sarannya adalah menghafal satu hari satu ayat atau saat ini beken dengan istilah One Day One Ayat (ODOA). Proses menghafal bisa dilakukan dengan sambil mengerjakan aktivitas lainnya.

"Misalnya sambil memasak di dapur atau mengasuh anak, kita bisa menghafal satu ayat. Itu harus rutin dilakukan setiap hari. Setelah itu, dilanjutkan dengan muraja'ah atau mengulang hafalan setiap pekan dan setiap bulan. Sehingga hafalan terjaga,” kata Nabilah dalam Seminar Alquran yang digelar Pimpinan Pusat Pemudi Persis (PP Pemudi Persis) di Gedung Serba Guna, Balai Kota Bandung, Sabtu (13/10/2018).

Trik dan tips tersebut, ujar Nabilah, sangat mungkin dilakukan setiap muslim termasuk anggota Pemudi Persis. Yang dibutuhkan adalah kemauan keras untuk melaksanakannya secara rutin setiap hari. "Tidak ada yang sulit. Sepanjang ada kemauan yang keras, maka kita bisa menjadi penghafal Alquran," ujar wanita kelahiran Mekkah, Arab Saudi ini.

Sementar itu, Ketua Umum PP Pemudi Persis Gyan Puspa Lestari mengatakan, program ODOA telah menjadi prioritas yang dilaksanakan sejak tahun 2014 lalu. Menurutnya, menghafal Quran bukanlah beban tetapi kewajiban bagi setiap muslim termasuk anggota Pemudi Persis.

"Secara perlahan, alhamdulillah program ODOA ini berjalan dengan baik hingga saat ini. Anggotanya pun sangat banyak. Dan kami berusaha supaya program ini terus berjalan," kata Gyan.

Menurut dia, seminar Al Quran ini merupakan bagian dari acara Grand Launching Muktamar Pemudi Persis yang akan dilaksanakan 19-20 Desember mendatang. Selain itu, juga akan digelar seminar ASI, ekonomi, dan keluarga.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1248 seconds (0.1#10.140)