Ratusan Jamaah Umrah Terbang Langsung dari BIJB ke Madinah

Sabtu, 13 Oktober 2018 - 18:30 WIB
Ratusan Jamaah Umrah Terbang Langsung dari BIJB ke Madinah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyalami salah satu jamaah umrah di BIJB Kertajati, Majalengka. Foto/Istimewa
A A A
MAJALENGKA - Sabtu (13/10/2018) siang tadi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, resmi melayani penerbangan internasional. Dengan menggunakan pesawat Lion Air, ratusan jamaah umrah telah bertolak dari BIJB langsung menuju Madinah.

"Hari ini saya bahagia, karena akhirnya bandara baru dan cukup nyaman ini bisa memberangkatkan jamaah umrah. Kita akan menerbangkan jamaah umrah dari Ciayumajakuning dan sekitarnya melalui Bandara Kertajati," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil yang melepas secara langsung penerbangan perdana internasional dari BIJB itu.

Presiden Direktur Lion Air Group Edward Sirait yang ikilut hadir dalam momen bersejarah itu menjelaskan, BIJB Kertajati menjadi Bandara ke-11 di Indonesia yang melayani penerbangan umrah secara langsung ke Madinah. Sebelumnya, Lion Air sudah membuka penerbangan menuju Madinah dari Pekanbaru, Makassar, dan Solo.

"Untuk saat ini penerbangannya satu kali dalam satu minggu. Namun, nanti ke depannya saya ingin Lion Air bisa melayani penerbangan jamaah umrah di BIJB Kertajati setiap hari," jelas dia.

Di tempat yang sama, Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra menjelaskan, pengajuan slot penerbangan umrah dari Kertajati ini sebenarnya dilakukan sebanyak tiga kali dalam satu minggu. Namun, untuk test market penerbangan diujicobakan satu kali dalam sepekan.

Secara bertahap, nantinya penerbangan menuju Madinah bertambah jika market penumpang terus mengalami peningkatan. "Kita lihat dulu kondisi pasar kita coba seminggu sekali. Lion Air sendiri mengatakan sehari sekali. Tapi kalau saya harapannya malah sehari tiga kali," tandas Virda.

Sementara, ratusan jamaah umrah yang diakomodir Biro Perjalanan Dream Tour dan DGI diterbangkan pesawat Lion Air. Pesawat jenis Boeing 737-800 max dengan kapasitas 800 seat itu lepas landas pukul 12.45 WIB. Pesawat akan transit di India untuk keperluan pengisian bahan bakar. Kendati demikian, jamaah tetap akan tiba di Madinah di hari yang sama.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9927 seconds (0.1#10.140)