alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Mojang Geulis Bandung Antusias Ikut Audisi Miss Indonesia 2019

Agus Warsudi
Mojang Geulis Bandung Antusias Ikut Audisi Miss Indonesia 2019
Mojang geulis Kota Bandung mengikuti audisi Miss Indonesia 2019 di Hotel Jayakarta. Mereka berhasil terpilih mewakili Jabar di ajang bergengsi itu. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi

BANDUNG - Puluhan mojang geulis (gadis cantik) Kota Bandung menjajal keberuntungan mereka di ajang Miss Indonesia 2019. Mereka mendaftar dan mengikuti audisi Miss Indonesia 2019 di Jayakarta Suite and Resort, Jalan Ir H Djuanda (Dago), Kota Bandung, Sabtu (13/10/2018).

Ekskutif Proudser Miss Indonesia 2019 Agung Priyanto mengatakan, Miss Indonesia 2019 tak menerapkan standar baru. Sebab, standar yang dipakai saat ini sudah baku dan tinggi. Sebab, Miss Indonesia tak hanya mencari wanita cantik tetapi juga memiliki bakat, kecerdasan, dan kharisma. Selain itu, kata Agung, secara usia, fisik, tinggi, dan berat badan pun harus memenuhi syarat. Miss Indonesia, menerapkan syarat usia minimum 18 tahun dan tinggi minimum 167 sentimeter (cm).

"Maka, jika tak memenuhi syarat itu, tentu akan gugur. Kami gak mungkin melanggar standar baku yang sudah dibuat. Kenapa harus 18 tahun, karena usia 18 tahun seorang perempuan sudah memiliki pemikiran dewasa dan punya hak untuk memilih," kata Agung di sela audisi di Hotel Jayakarta, Sabtu (13/10/2018).



Miss Indonesia 2019, ujar Agung, juga mengakomodasi peserta yang mengenakan hijab. RCTI dan Yayasan Miss Indonesia tak mendiskriminasi peserta hanya karena pakaiannya. "Yang kami cari di Miss Indonesia itu, mereka yang memenuhi kualifikasi standar yang telah ditetapkan. Batas usia minimum, tinggi, dan berat badan. Selain itu smart. Jadi yang mengenakan hijab gak jadi persoalan. Yang penting memenuhi syarat tadi," ujar dia.

Dari Bandung, tutur Agung, akan dipilih satu orang sebagai calon Miss Indonesia 2019 yang mewakili Provinsi Jawa Barat. Dia mencontohkan, dari puluhan perempuan yang mendaftar, hanya empat yang benar-benar memenuhi kriteria. Dari empat itu, akan diseleksi lagi oleh juri untuk memilih satu yang terbaik mewakili Jabar.

"Potensi perempuan Jabar untuk menjadi Miss Indonesia 2019 cukup besar. Beberapa kali gelar Miss Indonesia diraih wakil dari Jabar. Miss Indonesia 2018, Alya kan dari Jabar. Kami berharap, Miss Indonesia 2019 yang terpilih benar-benar mampu bersaing di ajang Miss World 2019. Mudah-mudahan bisa meraih gelar Miss World. Ini kan membanggakan," tutur Agung.

Sebelum audisi digelar, ungkap dia, panitia Miss Indonesia 2019 juga menggelar special hunt ke kampus-kampus di Kota Bandung. Seperti Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung.

"Untuk special hunt ini, Miss Indonesia menugaskan tim untuk mencari perempuan-perempuan bertalenta di kampus perguruan tinggi. Tim memberikan informasi bahwa akan ada audisi Miss Indonesia 2019 di Bandung dan menawarkan mereka untuk ikut ajang ini," ungkap Agung.

Agung memaparkan, audisi di Kota Bandung merupakan kota keempat setelah Jakarta 1-2 September, Surabaya 16 September 2018, Yogyakarta 30 September 2018). Audisi di Kota Bandung dilaksanakan dua hari, 13-14 Oktober 2018.

Selain diempat kota besar tersebut, Miss Indonesia juga menggelar audisi di special city yaitu, Makassar pada 13 September, Semarang 27 September, Medan 4 Oktober, dan Samarinda 14 Oktober. "Terakhir, audisi akan kembali digelar di Jakarta pada 27-28 Oktober 2018," kata Agung.

Disinggung tentang antusiasme mojang geulis Bandung mengikuti audisi Miss Indonesia 2019, Agung menuturkan, cukup besar. Untuk hari pertama audisi saja, telah puluhan gadis yang mendaftar. "Potensi perempuan Jabar yang memenuhi kriteria Miss Indonesia sangat tinggi," tutur dia.

Antusiasme tersebut ditunjukkan oleh keikutsertaan dua gadis cantik, Jasmine Nur Maharani dan Annastasya Wijaya. Meski Jasmine baru berusia 16 tahun dan Annastasya baru 17 tahun, mereka optimistis bisa lolos audisi dan menjadi calon Miss Indonesia 2019.

Jasmine dan Natasya mengaku telah memiliki cita-cita ingin menjadi seorang miss. Meski masih sekolah, Jasmine di SMA Taruna Bakti, Jalan RE Martadinata dan Natasya di SMA Talenta Taman Kopo Indah (TKI) Bandung, dua gadis cantik tersebut aktif berkarier di dunia model.

Jasmine merupakan seminfinalis Gadis Sampul 2015 dan 2016. Sedangkan Natasya merupakan juara Ajang Duta Pelajar Jabar dan Ajang Duta Pelajar Nasional meraih gelar Best Catwalk.

Mojang Geulis Bandung Antusias Ikut Audisi Miss Indonesia 2019

Sementara itu, Chairwoman of Miss Indonesia Organization Liliana Tanoesoedibjo mengatakan, Miss Indonesia 2019 merupakan ajang pencarian wanita Indonesia yang mengutamakan karakter beauty with a purpose. Yaitu seseorang selain cantik dan memiliki keterampilan istimewa, juga mampu memberikan kontribusi positif terhadap masyarakat.

"Para juri akan mencari peserta yang memiliki kepribadian yang memenuhi kriteria ”MISS”, yaitu Manner, Impressive, Smart, Social. Di tahun ke-15 ini, rekam jejak prestasi para waki/ Indonesia di ajang Miss World semakin nyata. Kita telah sukses memenangkan fast track paling utama di ajang Miss World, yaitu beauty with a purpose selama empat tahun berturut-turut. Di ajang Miss Indonesia 2019 nanti, kami akan mencari sosok wanita yang akan melanjutkan tradisi untuk berjuang mengharumkan nama bangsa dan mencatat prestasi setinggi-tingginya” kata Liliana dalam rilis tertulis yang diterima SINDOnews.

Miss Indonesia yang telah mengukir prestasi di Miss World, ungkap Liliana, antara lain, Maria Harfanti berhasil meraih 2nd Runner Up Miss World 2015, Natasha Mannuela 2nd Runner Up Miss World 2016, dan Achintya Nielsen masuk 10 besar Miss World 2017. Di tahun ini, Miss Indonesia 2018 Alya Nurshabrina akan mewakili Indonesia di ajang Miss World 2018 pada Desember 2018.

Liliana mengemukakan, seperti pencarian calon Miss Indonesia 2018, tahun ini pun calon bisa mendaftar melalui sosial media Instagram. Bahkan bisa merekomendasikan teman untuk menjadi Miss Indonesia 2019 hanya dengan mengunggah foto diri atau teman yang direkomendasikan.

Kemudian tambahkan caption di kolom komentar dengan format: Nama LengkapUmurTinggi BadanBerat BadanKota DomisiliDaerah Asal dan menggunakan hashtag #AudisiMisslndonesia2019 lalu mention ke @Misslndonesia.

"Setelah itu, upload video perkenalan singkat tentang diri atau teman yang direkomendasikan ke www.metube.id (Miss Indonesia). Formulir pendaftaran audisi Miss Indonesia 2019 juga dapat diunduh melalui website resmi www.missindonsia.co.id dan www.rcti.tv," ujar Liliana.



(awd)