Kekeringan, Warga Terpaksa Gunakan Air di Kolam Penampungan

Sabtu, 13 Oktober 2018 - 13:52 WIB
Kekeringan, Warga Terpaksa Gunakan Air di Kolam Penampungan
Kolam penampungan air yang terletak di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon ini menjadi satu-satunya harapan warga setelah sumur dan sumber resapan telah kering. Foto/MNC Media/Toiskandar
A A A
CIREBON - Dampak musim kemarau panjang dirasakan warga sejumlah desa di Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Pemerintah desa menyediakan kolam penampungan yang airnya didapat dari sumur pantek desa tetangga.

Kolam penampungan air yang terletak di Desa Slangit, Kecamatan Klangenan, Kabupaten Cirebon ini ramai dikunjungi warga, Sabtu (13/10/2018) pagi. Kolam berukuran 2 X 3 meter tersebut menjadi satu-satunya harapan warga setelah sumur dan sumber resapan telah kering. Sejak pagi hingga malam hari, kolam yang berada di tengah persawahan ini tak pernah sepi.

Kolam penampungan air ini sengaja dibuat oleh Pemerintah Desa Slangit untuk menanggulangi krisis air bersih. Sejumlah sumur besar yang biasanya tak pernah kering telah menyusut drastis akibat tidak turunnya hujan sejak lima bulan terakhir.

Sebagian besar warga umumnya menggunakan air kolam ini untuk keperluan sehari-hari mulai dari mencuci, mandi, hingga masak dan minum. Meski terlihat jernih, air kolam yang bersumber dari sumur pantek desa tetangga yang jaraknya sekitar 2 kilometer ini dipenuhi lumut dan sedikit berbau.

Menurut Sudar, warga setempat, sebelum dibukanya kolam penampungan air ini, warga Desa Slangit harus mencari air bersih hingga ke sejumlah desa tetangga seperti Desa Kreyo dan Desa Jemaras.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3507 seconds (0.1#10.140)