3-4 April, HDCI Bandung Gelar Acara Akbar nan Sakral The X Memorial Wingday 2020

Sabtu, 07 Maret 2020 - 22:05 WIB
3-4 April, HDCI Bandung Gelar Acara Akbar nan Sakral The X Memorial Wingday 2020
Ketua Pengcab HDCI Bandung Glenarto (tengah) dan Ketua Panitia Pelaksana The X Memorial Wingday 2020 Yovie saat konferensi pers di eL Hotel Royale, Jalan Merdeka, Kota Bandung, Sabtu (7/3/2020). Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Pengurus Cabang (Pengcab) Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) Bandung akan menggelar The Memorial Wingday 2002.

Acara akbar dan "sakral" bagi anggota HDCI bertema "Tribute to Veteran" ini bakal berlangsung di Kabupaten Pangandaran pada 3 hingga 4 April 2020 mendatang. Untuk memeriahkan acara, panitia mengundang bintang tamu Wika Salim dan band /Rif.

Selain ratusan anggota HDCI dari seluruh Indonesia, acara ini juga bakal dihadiri oleh tamu kehormatan, Ketua Umum HDCI Pusat Komjen Nanan Sukarna, mantan Wakapolri Komjen Pol Ari Dono, Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi, dan Gubernur Jabar Ridwan Kamil.

Bakal turut hadir pula riders dari beberapa negara jiran, seperti Brunei Daarussalam dan Malaysia di acara lima tahunan tersebut.

Ketua Pengcab HDCI Bandung Glenarto yang akrab disapa Glen, mengatakan, Wingday adalah suatu event Rally Harley Davidson (HD) Classic terbesar dan tertua di Asia. Perjalanan rally akan dilaksanakan dari dua titik start, yakni, Kota Bandung dan Yogyakarta.

Gedung Sate, Jalan Diponegoro, kata Glen, menjadi titik start peserta wilayah barat. Sedangkan untuk peserta dari wilayah timur, akan start dari Ambar Ketawang.

"Total peserta The X Memorial Wingday 2020 sebanyak 592 yang terverifikasi. Peserta dari wilayah barat sebanyak 436 orang dan timur 156," kata Glen saat konferensi pers The X Memorial Wingday 2020 di el Hotel Royale, Jalan Merdeka, Kota Bandung.

Glen mengemukakan, Wingday merupakan acara tradisi yang sakral 5 tahunan milik HDCI Bandung yang digagas oleh para senior Harley Club Bandung sejak 1973. Pada tahun 1990, HCB melebur menjadi HDCI.

"Acara ini paling ditunggu-tunggu oleh para bikers se-Nusantara bahkan internasional. Saat ini, Wingday seolah sudah menjadi event wajib bagi mereka yang mengaku diri sebagai bikers," ujar dia.

Wingday ke-10 ini, tutur Glen, mengambil tema "Tribute to Veteran" sebagai bentu apresiasi terhadap jasa para veteran Republik Indonesia (RI) yang telah ikut berjuang merebut kemerdekaan Indonesia dari para penjajah.

"Sehingga kini kita dapat menikmati alam kemerdekaan. Seperti bebas riding kemana pun kita mau. Itu adalah salah satu hikmah kemerdekaan. Nanti akan ada penghargaan khusus bagi veteran yang hadir," tutur Glen.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana The X Memorial Wingday Yovie mengungkapkan, dalam event ini ada tradisi rally yang diikuti oleh para pengendara Harley Davidson klasik yang telah berusia cukup tua hingga 1984.

Sepanjang perjalanan dari Bandung dan Yogyakarta menuju Pangandara, kata Yovie, peserta harus melalui beberapa check point. Di sini, mereka harus mendapatkan tiga stiker kelulusan.

Para peserta rally HD klasik yang finis di Pangandaran dan yg memenuhi syarat kelulusan akan disematkan pin emas dari Ketua Umum HDCI Pusat, Ketua HDCI West Java dan Ketua HDCI Pengcab Bandung.

"Kami membuat 592 pin emas untuk peserta. Namun tentu tidak semua peserta berhak mendapatkan pin tersebut. Hanya yang lulus dengan memenuhi ketentuan dan syarat ketentu saja yang bakal dianugerahi pin emas. Seremoni penyematan pin akan dilakukan pada Sabtu 4 april 2020. Sisa pin emas akan dilebur kembali. Prosesi peleburan emas ini akan menjadi sakral," kata Yovie.

Panitia, ujar Yovie, memperkirakan akan terjadi migrasi ratusan bikers se-Nusantara ke Pangandaran. Sebab, event ini dibuka untuk umum, tipe motor apapun. Saat ini sudah terkonfirmasi 297 club se-Indonesia yang akan hadir di sana.

Ditanya apa yang dilakukan panitia untuk mengantisipasi hal-hal tak diinginkan terjadi, terutama kemacetan lalu lintas, ketika ratusan biker HD tumpah ruah di jalanan Kota Bandung dan Yogyakarta pada Jumat 3 April 2020 mendatang? Yovie mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian.

"Kami telah berkoordinasi dengan kepolisian. Untuk start di Kota Bandung, kami bekerja sama dengan Polda Jabar untuk mengantisipasi kemacetan atau hal lain. Sedangkan di Yogyakarta kami bekerja sama dengan Polda DIY dan Polda Jateng," ujar Yovie.

Acara akbar para bikers itu didukung penuh oleh El Royale Hotel. General Manager eL Hotel Royale Bandung Yok Supri mengatakan, suatu kebanggaan bagi eL Hotel Royale Bandung, Indonesia, dan Internasional untuk mendukung acara-acara HDCI.

Untuk acara The X Memorial Wingday pad a3 dan 4 April 2020, kata Yok, eL Hotel Royale Bandung dan Internasional menyediakan 290 kamar. "Selain itu, kami memberikan diskon khusus untuk anggota HDCI yang menginap di eL Hotel Royale. Harga kamar akan lebih murah dibanding booking secara online," kata Yok.

Sementara itu, Andi /Rif mengatakan, tentu suatu kebanggaan bagi band /Rif mendapat kepercayaan untuk menghibur para peserta The X Memorial Wingday, acara sakral yang digelar 5 tahun sekali.

"Alhamdulillah tahun ini kami diberikan kepercayaan. Kami akan memberikan hiburan terbaik kami nanti di Pangandaran," pungkas Andi /Rif.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4351 seconds (0.1#10.140)