alexa snippet
more
TOPIK TERPOPULER

Kadinkes Subang Ade Rusiyana Ditahan Polda Sejak Kamis

Agus Warsudi
Kadinkes Subang Ade Rusiyana Ditahan Polda Sejak Kamis
Ilustrasi/SINDOnews/Dok

BANDUNG - Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirreskrimsus) Polda Jabar Kombes Pol Samudi membenarkan pihaknya menahan Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Subang Ade Rusiyana sejak Kamis 11 Oktober 2018.

"Betul, yang bersangkutan (Ade Rusiyana), kami tahan. Penahanan dilakukan setelah penyidik memeriksa Ade danmengantongi dua alat bukti. Yang bersangkutan ditahan karena saat ini prosesnya sudah mau P21 (BAP lengkap dan siap disidangkan)," kata Samudi kepada wartawan via ponselnya, Jumat, (12/10).

Samudi memastikan penahanan Ade tidak terkait kasus selama dia menjabat di Pemkab Subang sebagai Kadinkes. "Kasusnya bukan di Subang, tapi di Garut," ujar Samudi.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Subang Ating Rusnatim mengatakan, Ade Rusiyana merupakan kepala dinas terpilih hasil lelang jabatan atau open bidding di Pemkab Subang saat Subang dipimpin oleh Imas Aryumningsih.

Untuk menduduki jabatan sebagai Kadinkes Subang, Ade mengalahkan dua pesaing. "Yang bersangkutan sudah definitif Kadinkes Subang hasil open bidding waktu Bupati Subang Imas Aryumningsih," kata Ating.

Sementara itu, informasi yang diperoleh menyebutkan, pada tahun anggaran 2013, Dinas Kesehatan Kabupaten Garut, melaksanakan proyek pengadaan alat kesehatan medis dan non-medis untuk RSUD Pameungpeuk, Kabupaten Garut.

Sumber dana yang digunakan untuk proyek alkes itu bersumber dari dana hibah bina upaya kesehatan Kemenkes sebesar Rp14 miliar. Dalam pelaksanaannya, muncul pengaduan masyarakat pada 2014 bahwa lelang pengadaan alat kesehatan medis dan non-medis di RSUD Pameungpeuk sudah diatur. Bahkan HPS alat-alat kesehatan diduga di-mark up.



(awd)

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif