Internal PDIP Semakin Dinamis Jelang Pilkada Pangandaran

Kamis, 05 Maret 2020 - 14:56 WIB
Internal PDIP Semakin Dinamis Jelang Pilkada Pangandaran
Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono. SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Konstalasi politik di internal PDI Perjuangan (PDIP) menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Pangandaran 2020 semakin dinamis. Asumsi dari sejumlah kalangan menyikapi Pilkada Pangandaran 2020 menuai beragam tanggapan dan harapan.

Besar kemungkinan, perhelatan Pilkada Pangandaran 2020, PDI Perjuangan bakal mengusung Calon Bupati tanpa koalisi dengan partai politik lainnya atau paket murni. Namun, ada juga pihak yang menginginkan untuk pilkada Pangandaran 2020, Jeje Wiradinata masih berpasangan dengan Adang Hadari atau JIHAD Jilid 2 dengan pola koalisi antara PDI Perjuangan dan Partai Golongan Karya.

Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Barat Ono Surono mengatakan, PDI Perjuangan akan berkoalisi dengan partai lainnya dalam mengusung Jeje Wiradinata dan wakilnya. Ono menambahkan, jika PDI Perjuangan tidak mengusung Adang Hadari dari Golkar sebagai wakil Jeje Wiradinata, pasti akan mengusung figur yang bisa diterima oleh partai lainnya.

"Selama ini telah terjadi hubungan yang sangat baik antara PDI Perjuangan dengan partai di Pangandaran. Walaupun PDI Perjuangan mendominasi di DPRD, tetapi dalam penyusunan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) dilakukan dengan musyawarah mufakat dengan partai lainnya," kata Ono.

Sedangkan Sekretaris DPD PDI Perjuangan Jawa Barat I Ketut Sustiawan mengatakan, opsi paket murni atau paket koalisi di Pemilukada Pangandaran 2020 masih belum final. "Alternatif dan pilihan untuk pasangan Calon Bupati dan Wakil ada dua kemungkinan, ke satu tetap dengan paket yang sekarang Jeje Wiradinata dengan Adang Hadari atau alternatif Kedua paket sendiri tanpa koalisi," kata Ketut Kamis, (5/3/2020).

Modal 15 kursi di DPRD Pangandaran sudah lebih dari cukup untuk memenuhi persyaratan 8 kursi yang digariskan KPU. Kondisi ini memunculkan wacana pemaketan Jeje Wiradinata dan Adang Hadari atau JIHAD Jilid 2.

Alternatif yang sudah disiapkan menurut Ketut masih akan didalami pihak DPD PDI Perjuangan Jawa Barat dan DPC PDI Perjuangan Pangandaran akan menggelar rapat untuk memutuskan hal itu.

Ketua DPC PDI Perjuangan Pangandaran, Jeje Wiradinata enggan berkomentar lebih lanjut saat dikonfirmasi mengenai hal tersebut. "Kami masih konsultasi dengan DPP dan DPD," singkatnya.

Kondisi di lapangan, sejumlah nama sudah mulai mencuat diperbincangkan sebagai Calon Wakil Bupati pendamping Jeje Wiradinata dengan latarbelakang profesi yang berbeda. (Baca juga; PDIP Pangandaran Berharap Rekomendasi Cabup-Cawabup Turun Maret )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.4316 seconds (0.1#10.140)