Dampak Virus Corona, Tingkat Hunian Hotel di Depok Turun

Kamis, 05 Maret 2020 - 11:07 WIB
Dampak Virus Corona, Tingkat Hunian Hotel di Depok Turun
Tingkat hunian sejumlah hotel di Kota Depok, Jawa Barat, mengalami penurunan setelah merebak kasus virus Corona (COVID-19). Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
DEPOK - Tingkat hunian sejumlah hotel di Kota Depok , Jawa Barat, mengalami penurunan setelah merebak kasus virus Corona (COVID-19). Apalagi Presiden Joko Widodo mengumumkan secara langsung dua warga Kota Depok positif Corona pada Senin (2/3/2020).

Banyak pengunjung dan masyarakat dari luar Kota Depok yang merasa khawatir dan membatalkan kunjungan. Tak hanya itu, tingkat MICE juga ikut merosot.

"Saat ini untuk hotel memang ada dampaknya, untuk acara yang sudah terjadwal ada beberapa yang cancel walau tidak signifikan. Okupansi terjadi penurunan sedikit," kata PR Manager The Margo Hotel (TMH) Kartika Sekartaji, Kamis (5/3/2020).

Untuk agenda pekan depan, kata dia, pun sudah banyak yang membatalkan dari pihak klien. Alasannya, mereka khawatir terhadap COVID-19. "Untuk pekan depan memang ada yang lumayan berpengaruh pada okupansi kami. Mereka beralasan khawatir penyebaran COVID-19," ucapnya.

Ditanya soal jumlah tamu asing yang datang, Tika menyebutkan untuk saat ini memang jumlahnya tidak terlalu banyak. Hal itu diduga akibat pengaruh dari COVID-19. "Tamu asing masih tetap ada tapi tidak seperti sebelumnya. Dan kondisi mereka semua baik dan sehat," tambahnya.

Tamu asing yang datang saat ini diakui lebih banyak dari Inggris dan Eropa. Sedangkan dari kawasan Asia dan China belum ada. "Dari Inggris, mostly Eropa. Tamu Asia belum ada," ungkapnya.

Untuk kenyamanan, pihak hotel melakukan upaya preventif dengan memperketat prosedur pengecekan kesehatan bagi karyawan. Ketika hendak masuk area hotel, seluruh karyawan diperiksa suhu tubuh. Pihaknya juga menyediakan hand sanitizer dan sabun di sejumlah titik di hotel.

"Semua tamu bisa pakai fasilitas tersebut. Kalau memang insecure kita sediakan masker dan gloves," katanya. (Baca juga; Warga Depok Positif Corona: Wali Kota Mengakui, Sekda Gelar Rapat )

Tak hanya itu, pihak hotel juga menyediakan tim medis atau klinik internal. Jika ada yang merasa kurang sehat bisa memeriksa pada tim medis. "Sejauh ini tidak ditemukan yang mengalami demam tinggi," pungkasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5470 seconds (0.1#10.140)