Keris Pusaka Pangeran Diponegoro Ditemukan, Apakah Ini Keris Keramat Kiai Nogo Siluman?

Kamis, 05 Maret 2020 - 09:54 WIB
Keris Pusaka Pangeran Diponegoro Ditemukan, Apakah Ini Keris Keramat Kiai Nogo Siluman?
Menteri Pendidikan Belanda Ingrid van Engelshoven (paling kiri) bersama Duta Besar Indonesia untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja (memegang keris Pangeran Diponegoro) dan Direktur Jenderal Museum Dunia Stijn Schoonderwoerd. Foto/OCW/Freek van den Berg
A A A
AMSTERDAM - Keris Pangeran Diponegero yang telah hilang dalam waktu yang sangat lama ditemukan di Belanda. Namun, belum ada keterangan resmi apakah itu keris pusaka yang dinilai sangat keramat, yaitu Keris Kiai Nogo Siluman atau Kiai Naga Siluman.

Keris milik pahlawan nasional Indonesia itu ditemukan berkat penelitian terhadap koleksi Museum Volkenkunde di Leiden. Ahli Indonesia yang dilibatkan dalam penelitian memastikan bahwa keris yang ditemukan memang milik Pangeran Diponegoro (1785-1855). (Baca juga; Sejarawan UGM Pastikan Keris Pangeran Diponegoro yang Dikembalikan Belanda adalah Kiai Nogo Siluman )

Keris tersebut telah diserahkan Menteri Pendidikan Belanda Ingrid Katharina van Engelshoven kepada Duta Besar Indonesia untuk Belanda I Gusti Agung Wesaka Puja di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Den Haag 3 Maret 2020 pagi.

"Saya senang bahwa penelitian menyeluruh, yang didukung oleh para ahli Belanda dan Indonesia, telah memperjelas bahwa ini adalah keris yang telah dicari sejak lama. Sekarang keris ini akan kembali ke negara tempatnya; Indonesia," katanya, seperti dikutip media lokal, Amstelveenweb, Rabu (4/3/2020).

Menurut laporan media tersebut, keris itu disumbangkan ke Raja Willem I oleh Kolonel Cleerens pada 1831, kemudian ditempatkan di Koninklijk Kabinet van Zeldzaamheden. Ketika lembaga ini dibubarkan pada 1883, berbagai koleksinya dibagi di antara berbagai museum di Belanda.

Sejarawan Peter Carey mendata pusaka-pusaka milik Pangeran Diponegoro dalam buku biografi Pangeran Diponegoro, Kuasa Ramalan. Salah satu pusaka Pageran Diponegoro yang hilang, yaitu Keris Kiai Nogo Siluman atau Kiai Naga Siluman. (Baca juga; Hari-hari Terakhir Pangeran Diponegoro di Pengasingan )

Diceritakan pusaka itu diambil dari Pangeran Diponegoro setelah dijebak dalam perundingan dengan panglima tentara Belanda dalam Perang Jawa, Hendrik Merkus Baron De Kock, di kediaman Residen Kedu, Valck, pada Minggu 28 Maret 1830. Kemudian, keris Kiai Nogo Siluman diserahkan kepada Raja Belanda Willem I sebagai simbol kemenangan atas Diponegoro.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1341 seconds (0.1#10.140)