Empon-empon Diyakini Bisa Tangkal Virus Corona, Jadi Buruan Warga Banyumas

Rabu, 04 Maret 2020 - 09:43 WIB
Empon-empon Diyakini Bisa Tangkal Virus Corona, Jadi Buruan Warga Banyumas
Pemberitaan virus Corona yang sudah masuk ke Indonesia ternyata berdampak pada penjualan empon-empon di sejumlah pasar tradisional di Banyumas, Jateng. Foto/iNews TV/Saladin Ayyubi
A A A
PURWOKERTO - Empon-empon atau rempah-rempah diyakini mampu meningkatkan stamina tubuh agar terhindar dari berbagai virus dan penyakit, termasuk virus Corona . Warga Banyumas, Jawa Tengah pun memburu empon-empon yang berupa bumbu tradisonal, seperti kayu manis, jahe merah, ketumbar, daun salam, hingga sereh.

Seperti di Pasar Wage, Purwokerto, sejumlah penjual empon-empon sejak pagi sudah dicari-cari warga. Merebaknya virus Corona membuat warga justru ingin kembali menggunakan empon-empon sebagai ramuan minum untuk daya tahan tubuh.

Apalagi, di sejumlah media sosial, empon-empon sudah diberitakan bisa meningkatkan daya tubuh. Beberapa pembeli mengaku jika membeli empon-empon karena melihat tayangan media sosial. (Baca juga: Empon-empon Ternyata Berpotensi Cegah Virus Corona )

"Apalagi, empon-empon juga merupakan bahan tradisonal yang sudah dikenal sejak lama. Jadi khasiat empon-empon ini sudah tidak diragukan lagi," kata Dawiyah, salah satu pembeli. (Baca juga; Cegah Virus Corona, Gubernur Jabar Minta Sekolah Batalkan Study Tour )

Seorang pembeli lainnya, Mugiyati sengaja membeli empon-empon berupa jahe merah, kunir, sereh, ketumbar, jahe emprit dan kayu manis serta daun salam. Sebab, dia ingin menjaga daya tahan tubuh biar tidak mudah sakit.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.6046 seconds (0.1#10.140)