Cegah Virus Corona, Rumah Zakat Sebar Relawan ke 33 Provinsi

Selasa, 03 Maret 2020 - 17:41 WIB
Cegah Virus Corona, Rumah Zakat Sebar Relawan ke 33 Provinsi
Relawan Rumah Zakat membantu masyarakat mencegah penyebaran virus Corona. Foto/Dok.Rumah Zakat
A A A
BANDUNG - Rumah Zakat menurunkan tim relawan ke 33 Provinsi di Indonesia, membantu masyarakat mencegah penularan virus korona. Para relawan akan melakukan sosialisasi Penyuluhan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ke berbagai sekolah dan juga Posyandu Desa Berdaya.

Dalam sosialisasi itu, para relawan Rumah Zakat akan menerangkan cara mencegah terjangkitnya virus corona, termasuk bagaimana cara mencuci tangan dengan benar.

"Salah satu upaya untuk mencegah virus korona masuk ke dalam tubuh kita adalah dengan menjaga kebersihan diri, mencuci tangan baik menggunakan sabun maupun cairan antiseptik," kata Chief Program Officer Murni Alit Baginda.

Selain menjaga kebersihan tubuh, cara lainnya adalah dengan meminimalisir kegiatan menyentuh wajah terutama apabila tangan masih kotor.

Kemudian selanjutnya adalah rutin mengganti masker apabila sedang terkena flu, menjaga jarak dengan mereka yang sedang terserang batuk atau bersin, memininalisir kegiatan di keramaian, serta mengonsumsi makanan sehat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Menurut dia, langkah itu disosialisasikan kepada anak-anak yang berada di sekolah dan juga para orang tua. Rencananya aksi tersebut akan digelar melalui kegiatan Posyandu yang ada di 1.634 Desa Berdaya.

"Kami pun menyarankan senantiasa berdoa memohon perlindungan kepada Allah agar terhindar dari wabah penyakit yang belum ditemukan antivirusnya ini. Serta perbanyaklah sedekah. Sebab menurut hadis riwayat Imam Baihaqi, bersegeralah bersedekah, sebab bala bencana tidak pernah bisa mendahului sedekah," kata Murni.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.9280 seconds (0.1#10.140)