ITB Kini Bisa Ubah Minyak Sawit Menjadi Bahan Bakar Minyak

Kamis, 11 Oktober 2018 - 13:35 WIB
ITB Kini Bisa Ubah Minyak Sawit Menjadi Bahan Bakar Minyak
Menristekdikti M Nasir, Rektor ITB Kadarsyah Suryadi, dan tim ahli ITB saat meninjau laboratorium katalis ITB, Kamis (11/10/2019). FOTO SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - Institut Teknologi Bandung (ITB) meresmikan Catalyst Teaching Industry di Laboratorium Teknik Reaksi Kimia dan Katalisis, Fakultas Teknologi Industri, Kamis (11/10/2018). Laboratorium ini mampu menghasilkan katalis yang mengubah minyak sawit menjadi BBM.

Peresmian dilakukan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) M Nasir. Pada acara tersebut juga diberikan secara simbolik 17 ton katalis yang diproduksi ITB bekerjasama dengan PT Pertamina (Persero). Katalis itu akan diberikan untuk kilang RU-IV Cilacap PT Pertamina.

Laboratorium katalis ini merupakan hasil pengembangan ITB, PT Pertamina, dan dukungan dana Kemenristekdikti ini. Salah satu hasil katalis yang telah diproduksi adalah PK 230 TD. Produk ini digunakan untuk membersihkan fraksi diesel dari pengotor senyawa sulfur dan nitrogen.

Setelah ini, beberapa katalis untuk produksi bahan bakar nabati dari
minyak nabati akan diuji-cobakan di beberapa unit komersial milik PT
Pertamina.

Katalis untuk produksi avtur nabati dari minyak inti sawit akan diuji-cobakan di RU-IV Cilacap, dan katalis untuk produksi diesel nabati dari minyak sawit akan diujicobakan di RU-II Dumai.

“Pengembangan laboratorium ini telah dilakukan sejak 1996. Awalnya tantangan kami adalah produksi yang masih terbatas, yaitu 60 gram per hari. Tapi saat ini untuk memproduksi 3 kg, cukup 2 sampai 3 hari,” kata Guru Besar Fakultas Teknologi Industri ITB Subagjo.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7980 seconds (0.1#10.140)