Bima Arya Musnahkan Angkot Tua di Kota Bogor

Senin, 02 Maret 2020 - 10:27 WIB
Bima Arya Musnahkan Angkot Tua di Kota Bogor
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto terus berkomitmen untuk mengurangi jumlah angkutan kota (Angkot) tua yang masih beroperasi. SINDOnews/Haryudi
A A A
BOGOR - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto terus berkomitmen untuk mengurangi jumlah angkutan kota (Angkot) tua yang masih beroperasi. Sejumlah angkot tua yang sudah melewati batas usia operasi 20 tahun ke atas dimusnahkan dengan skema reduksi besi tua.

Proses pemusnahan atau reduksi angkot yang sudah melewati batas usia operasional dengan cara dikanibal atau dipotong-potong menggunakan gerinda dan las. (Baca juga; Organda Kota Bogor Keberatan Pembatasan Usia Angkot )

Bima Arya didampingi Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim, Kepala Dinas Perhubungan Eko Prabowo, Kepala Bappeda Hanafi, jajaran Forkopimda, bergantian memotong satu unit angkot tua dihadapan Organda, KKU, KKSU, pimpinan badan hukum, para pemilik hingga sopir angkot se-Kota Bogor di halaman Balai Kota Bogor, Jalan Ir Juanda, Bogor Tengah, Kota Bogor, Minggu (1/3/2020).

"Menurut data ada sekitar 1.270 angkot di pusat kota (dari lima jalur trayek utama) yang usianya sudah di atas 20 tahun. Selama beberapa bulan ke depan akan secara bertahap membesituakan angkot ini. Jadi angkot di pusat kota akan berkurang setengahnya atau 635 unit sampai akhir tahun ini," kata Arya.

Pola yang disepakati Dishub Kota Bogor dengan pengelola angkot berbadan hukum adalah reduksi konversi 2:1. Artinya, dua unit angkot tua akan dibesituakan dan digantikan dengan satu unit angkot tahun muda atau bisa juga baru, menyesuaikan kemampuan pengelola.

"Bagaimana modelnya, bagaimana polanya agar kondisinya memberikan manfaat untuk semua. Jadi, pemasukan sopir aman, penumpang nyaman, pemilik atau badan hukum juga diuntungkan, plus kemacetan bisa berkurang," jelasnya. (Baca juga; Jalan di Sekitar Kebun Raya Bogor Macet, Ini Solusinya )
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.7452 seconds (0.1#10.140)