Jajal Keandalan Fiberisasi, XL Bersiap Gunakan Jaringan 5G

Minggu, 01 Maret 2020 - 15:39 WIB
Jajal Keandalan Fiberisasi, XL Bersiap Gunakan Jaringan 5G
XL memberikan hadiah kepada pemenang kompetisi digital DigiRace 2020. Kompetisi ini sekaligus untuk menjajal keandalan jaringan XL. Foto/DOk. Humas XL
A A A
BANDUNG - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) terus mempersiapkan infrastruktur pendukung melalui upaya fiberisasi menjelang penggunaan jaringan 5G.

Group Head Central Region XL Axiata Rd Sofia Purbayanti mengatakan, pihaknya terus berupaya meningkatkan kualitas layanan, salah satunya melalui proses fiberisasi yang saat ini masih terus dilaksanakan di berbagai wilayah di Jawa Barat.

Sofia menjelaskan, secara teknis, fiberisasi merupakan upaya modernisasi jaringan dengan cara menghubungkan base transceiver station (BTS) melalui jalur fiber. "Termasuk dalam proses ini adalah melakukan regenerasi perangkat-perangkat BTS, seperti mengganti perangkat yang selama ini memakai microwave menjadi perangkat fiber," jelas dia, Minggu (1/3/2020).

Program fiberisasi jaringan merupakan salah satu langkah dalam mempersiapkan jaringan 5G di masa depan. Sebagai teknologi jaringan tercanggih, 5G mampu menghadirkan kecepatan data yang tinggi, jumlah pemakai yang lebih banyak, dan delay atau latency yang rendah.

Keunggulan teknologi ini hanya bisa didapatkan jika site atau BTS terkoneksi dengan jaringan fiber. XL Axiata telah melaksanakan program ini secara masif di seluruh wilayah Indonesia dalam tiga tahun terakhir.

Lebih lanjut Sofia mengatakan, hingga saat ini, fiberisasi jaringan XL Axiata sudah terlaksana di semua ibukota provinsi di Pulau Jawa dan kota-kota besar, terutama di kota atau area yang memang secara pertumbuhan data sudah memerlukan jaringan fiber.

Secara nasional, hingga akhir tahun 2019, sekitar 50 persen BTS telah terhubung dengan jaringan fiber. Target hingga akhir 2020, fiberisasi akan terus ditingkatkan menjadi sekitar 70 persen BTS. Percepatan fiberisasi kini sedang dilakukan di wilayah luar Pulau Jawa mengingat pertumbuhan trafik data yang sangat pesat dalam setahun terakhir.

Untuk menjajal keandalan jaringan, baru-baru ini, XL menggelar kompetisi digital “DigiRace 2020” di Kota Cimahi. Kompetisi tahunan ini sekaligus menjadi ajang untuk membuktikan jaringan data XL Axiata setelah proses fiberisasi. Peserta kompetisi merupakan para penggiat media sosial di Bandung dan Cimahi.

Tantangan yang harus diselesaikan oleh peserta terdiri atas kuis dengan sejumlah pertanyaan melalui video streaming di aplikasi Youtube. Jenis tantangannya meliputi aktivitas digital untuk menguji kualitas jaringan setelah dilakukan fiberisasi. Semua jenis tantangan mengharuskan peserta untuk mengakses layanan data dengan kapasitas besar seperti streaming, mengunduh, mengunggah, dan memainkan game.

Kegiatan yang sama serentak digelar di 4 kota besar, yakni Bogor, Cimahi, Manado, dan Pontianak pada 29 Februari 2020 diikuti oleh total 50 influencer. Kegiatan ini ditargetkan bisa menjangkau 5 juta user lewat berbagai media sosial dan kanal digital.

Diharapkan, berlanjutnya kegiatan ini dapat memberikan lebih banyak masukan sebagai acuan untuk terus melakukan perbaikan dalam rangka menjaga kualitas layanan XL Axiata di masa mendatang.
(abs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6236 seconds (0.1#10.140)