Puteri Komarudin Tekankan Pentingnya Gotong Royong Atasi Banjir

Sabtu, 29 Februari 2020 - 13:06 WIB
Puteri Komarudin Tekankan Pentingnya Gotong Royong Atasi Banjir
Anggota DPR RI Dapil Jabar VII (Kabupaten Bekasi, Purwakarta, dan Karawang) Puteri Anetta Komarudin mengunjungi warga korban banjir di Kabupaten Karawang. Foto/Dok Puteri Anetta Komarudin
A A A
JAKARTA - Anggota DPR RI dari Dapil Jawa Barat VII (Kabupaten Bekasi, Purwakarta, dan Karawang) Puteri Anetta Komarudin menekankan pentingnya gotong royong untuk mengupayakan banjir tak terjadi lagi.

Pernyataan itu disampaikan Putri menyikapi banjir yang melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Bekasi dan Karawang sepekan terakhir.

"Masalah banjir merupakan tanggung jawab kita bersama, karena selain faktor alam, banyak faktor lain seperti infrastruktur dan kebiasaan kita membuang sampah di sembarang tempat yang akhirnya juga membawa dampak yang sangat buruk. Kita perlu bergotong royong untuk mengupayakan banjir seperti ini tidak terjadi lagi ke depannya," kata Puteri Anetta Komarudin dikutip dari akun Instagram-nya.

Diketahui, hujan deras ditambah dengan luapan air Sungai Cibeet dan limpahan Sungai Citarum merendam rumah warga dalam beberapa hari terakhir di Desa Sukamakmur Kecamatan Teluk Jambe Timur, Desa Karang Ligar Kecamatan Teluk Jambe Barat, dan Desa Tanjungpura Kecamatan Karawang Barat. Ketiga wilayah ini termasuk desa terparah yang terendam banjir dalam satu minggu terakhir di Karawang

Terdapat 1.500 rumah dan 3.000 jiwa yang terdampak dari musibah banjir ini. Semua lini masyarakat dan pemerintah bersinergi untuk memberikan tempat pengungsian yang layak, makanan yang cukup serta layanan kesehatan yang memadai untuk warga yang rumahnya terkena banjir. Selain itu, banjir juga berdampak pada lahan pertanian yang terendam sehingga gagal panen, menyebabkan kerugian ekonomi bagi para petani

"Aku mendapatkan informasi dari pemerintah daerah dan relawan setempat bahwa sebenarnya langkah normalisasi sungai sudah baik. Sungai Cibeet pun sebenarnya sudah dilakukan pengerukan untuk mengurangi pendangkalan," kata wakil rakyat yang akrab disapa Putkom ini.

Politikus Partai Golkar ini pun telah meninjau langsung daerah terdampak banjir di Karawang dan Kabupaten Bekasi. Putkom yang juga anggota Komisi XI DPR ini menggandeng Bank BRI untuk menyalurkan bantuan kepada korban banjir di Desa Sukamakmur Teluk Jambe Timur, Desa Karang Ligar Teluk Jambe Barat, dan Desa Tanjungpura, Kabupaten Karawang.

Selain itu, Putkom juga meninjau sejumlah titik banjir di Kabupaten Bekasi. Lokasi yang dikunjungi adalah Desa Wanasari dan Desa Wanajaya, Kecamatan Cibitung, Kabupaten Bekasi. Pada kunjungan kali ini, Putkom menggandeng Bank Mandiri untuk menyerahkan bantuan pascabanjir berupa kebutuhan pangan siap saji dan alat-alat kebersihan.

"Berdasarkan laporan warga, banjir kali ini diduga dampak dari luapan air Sungai Sadang. Rumah warga pun terendam cukup lama, yaitu dua hari satu malam, karena air sempat tertahan. Syukurnya, di lokasi ini kini sudah surut," ujar Putkom dalam rilisnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0479 seconds (0.1#10.140)