alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Golkar Jabar Siapkan Jurus Baru Politik Hadapi Revolusi Industri 4.0

Agung Bakti Sarasa
Golkar Jabar Siapkan Jurus Baru Politik Hadapi Revolusi Industri 4.0
Logo Partai Golkar. Foto/Dok.SINDOnews

BANDUNG - Partai Golongan Karya (Golkar) Jawa Barat menyiapkan jurus baru untuk memantapkan diri sebagai partai modern yang paling siap mengahadapi era revolusi industri 4.0.

Sekretaris DPD Partai Golkar Jabar Ade Barkah Surachman mengatakan, berbagai ide itu akan ditransformasikan menjadi jurus-jurus baru politik yang kompatibel dengan era industri 4.0.

"Formulasinya masih terus kami matangkan. Ini sejalan dengan arahan Pak Airlangga Hartarto (Ketua Umum Partai Golkar) yang demikian concern terhadap isu era industri 4.0," kata Ade Barkah di Bandung, Jumat (28/2/2020).



Untuk mewujudkannya, lanjut Ade Barkah, Partai Golkar Jabar akan semakin banyak membutuhkan kader-kader baru yang potensial, khususnya dari kalangan milenial. Untuk itu, perlu ada kajian strategis dan taktis bagaimana cara meraih kader-kader baru tersebut, terutama di kalangan milenial yang jumlahnya sangat besar.

"Selama ini kader? Partai Golkar identik dengan mereka yang berusia 35 tahun ke atas. Kami sadar betul bahwa Partai Golkar butuh kader-kader baru yang bisa menjadi favorit bagi kawula muda," ujarnya.

Oleh karenanya, Ade Barkah yang digadang-gadang sebagai calon kuat Ketua DPD Partai Golkar Jabar periode 2020-2025 itu menyatakan, pihaknya akan menyiapkan para influencer untuk menggaet kader baru tersebut.

"Kita juga akan siapkan semacam juru bicara (jubir) yang mampu melakukan komunikasi politik dengan berbagai kalangan, terlebih dengan kalangan muda milenial," imbuhnya.

Ade, yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Jabar itu melanjutkan, banyak mahasiswa dan siswa sekolah menengah atas yang bisa diberdayakan untuk masuk di Partai Golkar. Menurutnya, mereka bisa dilatih sedemikian rupa agar pandai berkomunikasi, khususnya pada bagian public speaking.

"Masing-masing dari DPC-DPC se-Jabar harus siapkan para juru bicara untuk kawula muda ini. Mengapa demikian, karena dengan juru bicara kawula muda ini lebih bisa diterima oleh kawula muda itu sendiri, khususnya jelas kalangan milenial," katanya.

Lebih lanjut Ade Barkah menegaskan, meski menjadi partai modern, semua program Partai Golkar Jabar tetap berbasis pada nilai-nilai ideologi Pancasila, wawasan kebangsaan, dan nilai-nilai agama yang selama ini dipegang teguh oleh Partai Golkar.

"Tapi tetap akan disesuaikan dengan gaya-gaya milenial semisal optimalisasi media sosial, pembentukan komunitas-komunitas kekinian, hingga ke bidang religi yang diterima anak-anak muda," paparnya.

Misalnya, kata Ade, membuat komunitas skate board Partai Golkar, komunitas pecinta kopi Partai Golkar. Bisa juga kita buat pecinta K-POP, pecinta game semisal Mobile Legend atau PUBG yang semuanya difasilitasi Partai Golkar Jabar.

"Mereka tidak hanya berkumpul senang-senang saja, kita adakan training di tiap-tiap kabupaten kota tentang cara berpolitik dengan baik. Saya juga akan tekankan politik Partai Golkar Jabar akan lebih memikirkan kepentingan orang banyak," katanya.

Ade Barkah menambahkan, Partai Golkar Jabar pun akan meminta ketua-ketua DPD Partai Golkar tingkat kabupaten/kota untuk merekrut anak-anak muda potensial ini.

"Awalnya jelas, kita harus punya para juru bicara handal yang paham permasalahan kekinian. Jadi mereka para jubir ini harus merepresentasikan pola pikir milenial," katanya.



(awd)

preload video