alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Ini Kronologi Serli Herawati Kabur saat Hendak Sidang di PN Bandung

Agus Warsudi
Ini Kronologi Serli Herawati Kabur saat Hendak Sidang di PN Bandung
Serli Herawati, tahanan Kejari yang kabur di PN Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung. Foto/Dok.Rutan Wanita Bandung

BANDUNG - Serli Herawati, kabur saat hendak menjalani sidang vonis di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung, Kamis 27 Februair 2020.

Perempuan berkerudung dan mengenakan kacamata ini merupakan tahanan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung yang dititipkan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Wanita Bandung, Jalan Sukamiskin.

Serli merupakan terdakwa kasus pencurian dengan pemberatan. Dia baru 20 hari menghuni Rutan Wanita Bandung.



Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Bandung Guntur Wibowo membeberkan kronologi Serli Herawati kabur dan menghilang sampai saat ini.

Guntur mengatakan, kronologi kejadian saat Serli kabur pada Kamis 27 Februari 2020 di halaman PN Bandung, Jalan RE Martadinata, Kota Bandung berawal saat Serli dibawa ke pengadilan untuk menjalani sidang vonis atas kasusnya.

Saat itu, selain Serli, petugas Kejari Bandung yang mengawal tahanan, juga membawa 15 tahanan lain yang juga akan menjalani persidangan.

Setelah tiba di halaman PN Bandung, semua tahanan diturunkan dari mobil tahanan. Karena jumlah tahanan yang diawasi cukup banyak, diduga membuat petugas lengah.

Kondisi ini dimanfaatkan oleh Serli untuk menyelinap dan berbaur dengan pengunjung sidang. Serli pun belum ditemukan sampai saat ini. (BACA JUGA: Tahanan Wanita Kabur saat Hendak Sidang di PN Bandung)

Petugas kejaksaan, kata Guntur, tahu Serli hilang saat hendak membawa rombongan tahanan masuk ke sel PN Bandung. Saat dihitung, rombongan kurang satu orang.

Serli Herawati memisahkan diri dan berbaur dengan pengunjung lain. "Saat itu juga petugas melakukan pencarian, menyisir, dan mencari Serli Herawati di seluruh area PN Bandung. Namun karena jumlah pengunjung sidang hari itu cukup banyak sehingga menyulitkan pencarian," kata Guntur.

Saat ini, petugas Kejari Bandung dibantu Polrestabes Bandung dan instansi terkait lainnya, tengah memburu Serli. "Kami berkoordinasi dengan instansi terkait sedang berupaya mencari dan melacak keberadaan Serli Herawati," kata Guntur, Jumat (28/2/2020).

Guntur meminta masyarakat membantu menemukan Serli. Jika melihat sosok Serli, diimbau segera melaporkannya ke Kejari Bandung atau kantor kepolisian terdekat. (BACA JUGA: Polrestabes Buru Tahanan Wanita Kabur di PN Bandung)

Selain melakukan pencarian, Kejari Bandung juga mengimbau Serli untuk segera menyerahkan diri. Masyarakat juga diminta untuk membantu melaporkan ke Kejari atau kantor polisi terdekat jika melihat Serli. (BACA JUGA: Kejari Imbau Serli Tahanan yang Kabur di PN Bandung Serahkan diri)



(awd)

preload video