Polrestabes Buru Tahanan Wanita Kabur di PN Bandung

Jum'at, 28 Februari 2020 - 14:23 WIB
Polrestabes Buru Tahanan Wanita Kabur di PN Bandung
Polrestabes Bandung membantu memburu tahanan wanita yang kabur, Serli Herawati, saat hendak sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
BANDUNG - Polrestabes Bandung membantu memburu tahanan wanita yang kabur, Serli Herawati, saat hendak sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung pada Rabu 26 Februari 2020.

"Begitu mendengar (informasi itu) kami (jajaran Polrestabes Bandung) langsung melakukan pengejaran," kata Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya saat dihubungi melalui telepon seluler (ponsel), Jumat (28/2/2020).

Namun, Ulung belum bisa memberikan konfirmasi terkait kronologi kaburnya Serli. Sebab saat kejadian, Serli dalam pengawalan Kejaksaan Negeri (Kejari) Bandung. Polisi saat ini fokus mengejar tahanan kasus pencurian itu. "Saat ini, kami fokus pencarian," ujar Kapolres.

Sementara itu, Kepala Kejari Bandung Nurizal Nurdin mengaku belum tahu kasus tahanan wanita kabur tersebut. Dia meminta wartawan untuk mengkonfirmasi kepada Kepala Seksi Pidana Umum (Kasipidum) Kejari Bandung Guntur Wibowo.

"(Konfirmasi) dengan Kasipidum saja ya. Saya masih di luar. Saya juga belum tahu beritanya," kata Nurizal melalui sambungan telepon. (Berita Terkait; Tahanan Wanita Kabur saat Hendak Sidang di PN Bandung )

Namun, Kasipidum Kejari Bandung Guntur Wibowo tidak menjawab telepon dari wartawan. Telepon seluler yang dihubungi aktif tetapi Guntur tak mengangkat sambungan telepon.

Diketahui, Serli Herawati, wanita tahanan yang dititipkan di Rutan Wanita Bandung kabur saat akan menjalani sidang di PN Bandung pada Rabu 27 Februari 2020. Kepala Rutan Wanita Bandung Lilis Yuaningsih mengatakan, Serli baru 20 hari dititipkan di Rutan Wanita Bandung. "Selama di rutan yang bersangkutan (Serli Herawati) berkelakuan baik," katanya.

Lilis mengemukakan, Serli merupakan tahanan Kejari Bandung. Jadi kewenangan dan tanggung jawab sepenuhnya berada di Kejari Bandung. Apalagi saat dibawa ke PN Bandung, ada serah terima tahanan. Selain itu, Serli kabur dalam pengawalan petugas kejaksaan.

"Posisi status (tahanan) di kejaksaan. Kami ada berita acara pengeluarannya. Jadi tanya ke kejaksaan. SOP-nya dijalanin enggak?" ujar Lilis.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4659 seconds (0.1#10.140)