Genjot Kinerja, Anggota DPRD Jabar Dukung Penyegaran di Tubuh BUMD

Selasa, 09 Oktober 2018 - 22:53 WIB
Genjot Kinerja, Anggota DPRD Jabar Dukung Penyegaran di Tubuh BUMD
Gedung DPRD Jabar, Jalan Diponegoro. Foto/SINDOnews/Dok
A A A
BANDUNG - DPRD Provinsi Jawa Barat mendukung upaya penyegaran di tubuh Bank Jabar Banten (bjb) sebagai salah satu badan usaha milik daerah (BUMD) Pemprov Jabar.

Anggota Komisi III DPRD Jabar Eryani Sulam mengatakan, tidak berlebihan jika bjb sebagai salah satu BUMD milik Pemprov Jabar melakukan penyegaran terhadap jajaran direksinya.

Selain untuk menggenjot kinerja, upaya penyegaran tersebut diharapkan mampu mengakomodasi hadirnya putra-putra daerah terbaik di jajaran direksi bank pelat merah tersebut. "Saya kira layak juga untuk dilakukan penyegaran," kata Eryani di Bandung, Selasa (9/10/2018).

Eryani menjelaskan, salah satu tujuan pendirian bank bjb, yakni agar BUMD tersebut menjadi kebanggaan warga Jabar. Tidak hanya sebatas berkontribusi terhadap perekonomian, melainkan juga dalam hal pendayagunaan putra daerah di dalamnya. "Awal dari berdirinya bjb ini ingin membuat sebuah bank yang menjadi kebanggan orang Jawa Barat," ujar dia.

Eryani menegaskan, tidak berlebihan pula jika jajaran direksi bjb banyak diisi putra Jabar. "Kenapa tidak orang Jawa Barat di direksi, yang jelas ini kan Bank Jabar," tutur Eryani.

Selain itu, pihaknya pun menginginkan agar jenjang karier di bjb berjalan baik. Dia menyebut, tidak menutup kemungkinan jika jajaran direksi direkrut dari internal bank tersebut.

"Ketika kariernya juga berpotensi, tidak menutup kemungkinan. (Direksi) Itu juga dibuka dari internal ini sepanjang sesuai dengan OJK (Otoritas Jasa Keuangan), aturan tidak dilanggar," ungkap dia.

Lebih jauh Eryani menilai, pembagian tugas antara Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar dalam pengelolaan BUMD sudah tepat. Sebab, penanganan BUMD memerlukan perhatian khusus, sehingga yang bertugas di dalamnya harus benar-benar konsentrasi. "Berbagi kewenangan (antara Gubernur dengan Wakil Gubernur) itu tepat. Penanganan BUMD perlu konsentrasi khusus," kata Eryani.

Dia pun memuji kolaborasi antara kedua pucuk pimpinan di Pemprov Jabar itu dalam meningkatkan kinerja BUMD, termasuk bak bjb sebagai salah satu BUMD berkinerja baik. "Jadi kewenangannya diberikan setahun ke Pak Wagub, itu betul," tandas dia.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6896 seconds (0.1#10.140)