Tak Hanya Teori, PPSDM Geominerba Ajak Peserta Diklat Praktik Peledakan Tambang

Kamis, 27 Februari 2020 - 20:00 WIB
Tak Hanya Teori, PPSDM Geominerba Ajak Peserta Diklat Praktik Peledakan Tambang
Instruktur dari PPSDM Goeminerba memberikan arahan sebelum peserta diklat melaksanakan praktik peledakan tambang. Foto/Dok.PPSDM Geominerba
A A A
SAMARINDA - Sebagai salah satu kontraktor penambangan batubara yang menggunakan peledakan, PT Pamapersada Nusantara sangat peduli terkait persyaratan yang dibutuhkan sesuai Kepmen ESDM Nomor 1827.K/30/MEM/2018.

Karena itu, Pusat Pengembangan Sumber Daya MAnusia Geologi Mineral dan Batubara (PPSDM Geominerba) dan PT Pamapersada Nusantara menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pekerja Peledakan Madya. Pelatihan ini bertujuan memastikan karyawan pada level madya mampu melaksanakan peledakan yang baik dan benar.

Sebanyak 24 peserta mengikuti diklat selama lima hari, dari 24 hingga 28 Februari 2020. Selama diklat, para peserta dibekali materi peraturan keselamatan peledakan, administrasi gudang bahan peledak, pengenalan, pengangkutan bahan peledak, peramuan bahan peledak, dan persiapan peledakan.

Pada Kamis (27/2/2020) pagi, para instruktur Yudiana Hadiyat, Topan Satria Gumilang, dan Wanda Adinugraha mengajak peserta diklat melaksanakan praktik peledakan di PT Anugerah Bara Kaltim, Loa Janan, Kalimantan Timur (Kaltim).

"Sebanyak 110 lubang berdiameter 171 milimeter dengan kedalaman 8,5 meter diledakan menggunakan bahan peledak ANFO. Peledakan ini menggunakan metode Nonel. Untuk mengurangi jumlah isian handak dalam lubang, praktik ini menggunakan air deck (kantung udara) yang terbuat dari plastic liner," kata instruktur Yudiana.

Melalui praktik lapangan ini, ujar Yudiana, peserta dapat melihat langsung cara mempersiapkan lubang ledak, membuat primer, mengisi bahan peledak ANFO ke dalam lubang ledak, hingga mengisi material stemming.

"Selain itu juga diajarkan merangkai surface delay, dan apa saja yang perlu diperhatikan dalam penginisiasian rangkaian peledakan," ujar Yudiana.

Tak hanya melihat, tutur dia, peserta juga diharapkan dapat mengimplementasikannya di lapangan. Peserta juga diharapkan memahami dan mengerti peran dan tanggung jawabnya sebagai pekerja peledakan madya sehingga dapat melaksanakan tugas dengan hasil yang memenuhi standar.

Kerja sama PPSDM Goeminerba dengan PT Pamapersada Nusantara diharapkan tidak berhenti pada diklat kali ini saja. Namun dapat terus berlanjut dan ditingkatkan, baik dari aspek pengembangan SDM maupun lainnya.

Di samping itu, dapat juga mengembangkan kerja sama dengan perusahaan-perusahaan tambang lain di dalam maupun luar wilayah Kalimantan melalui in house training.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6179 seconds (0.1#10.140)