Ini Langkah Penyehatan BUMD yang Disiapkan Wagub Uu

Selasa, 09 Oktober 2018 - 17:08 WIB
Ini Langkah Penyehatan BUMD yang Disiapkan Wagub Uu
Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
BANDUNG - Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum mengaku telah menyiapkan langkah-langkah penyehatan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang kini menjadi kewenangan dirinya. Menurut Uu, langkah yang disusun pihaknya bertujuan meningkatkan kapasitas dan profesionalisme seluruh BUMD milik Pemprov Jabar, sehingga, performa BUMD perbankan maupun non-perbankan meningkat.

"Tujuannya bisa meningkatkan PAD melalui inovasi dan kolaborasi berbagai stakeholder," ungkap Uu di Bandung, Selasa (9/10/2018).

Langkah-langkah stategis yang akan segera dilakukannya yakni melakukan evaluasi sebagai langkah awal. Dalam evaluasi ini, kata Uu, bisa dibentuk Tim Penataan BUMD yang diisi oleh kalangan profesional dan non-partisan. "Mereka yang masuk tim ini harus bebas dari kepentingan, baik kelompok maupun perorangan," tegas Uu.

Uu menerangkan, tim tersebut nantinya bertugas mengumpulkan data, termasuk mengevaluasi hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) beberapa tahun terakhir. Uu juga memastikan, kinerja tim dibatasi, yakni hanya memberikan rekomendasi pada pihaknya dalam pengemasan informasi dan aspek hukum hasil telaahan tim.

Langkah kedua, lanjut Uu, adalah menyusun rencana bisnis dan recovery. Uu menyebutkan, langkah tersebut akan diserahkan kepada konsultan bisnis dan tim pakar investasi yang memiliki kapabilitas. "Ini sebagai bahan untuk penyertaan modal pemprov, melihat prospek usaha dan melihat efektivitas dan langkah bisnis ke depan," ujarnya.

Jika langkah-langkah teknis itu sudah dihasilkan, BUMD akan diminta menerapkan sesuai target yang dibebankan. Langkah-langkah penerapan oleh BUMD itu akan terus diawasi agar berjalan baik dan sesuai koridor.

"Langkah-langkah ini akan saya terapkan di bjb juga BUMD milik Pemprov Jabar yang lain. Ini langkah strategis semata-mata untuk kemajuan BUMD dimana hasilnya untuk kesejahteraan masyarakat," tandas Uu.

Sebelumnya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku telah menyerahkan kewenangan pengawasan BUMD kepada Wakil Gubernur Jabar Uu Ruzhanul Ulum karena dirinya ingin fokus membenahi organisasi perangkat daerah (OPD) di tahun pertamanya memimpin Jabar. "Setahun ini saya titip ke Pak Wagub dulu," ujarnya. (Baca Juga: Emil Tegaskan Pengelolaan bank bjb Diserahkan kepada Uu(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.3251 seconds (0.1#10.140)