Pasien Dalam Pengawasan Corona Meninggal di RSUP Dr Kariadi Semarang

Kamis, 27 Februari 2020 - 08:13 WIB
Pasien Dalam Pengawasan Corona Meninggal di RSUP Dr Kariadi Semarang
Simulasi evakuasi pasien virus Corona di RSUP Dr Kariadi Semarang. Seorang pasien pengawasan virus Corona meninggal dunia pada Minggu (23/2/2020). Foto/Dok/SINDOnews/Ahmad Antoni
A A A
SEMARANG - Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Corona yang dirawat di RSUP dr Kariadi Kota Semarang, Jawa Tengah, meninggal dunia. Penyebab kematian pasien tersebut dinyatakan bukan akibat virus Corona jenis baru (COVID-19).

Dokter Penanggung Jawab Pelayanan (DPJP) RSUP dr Kariadi, Fathur Nur Kholis menjelaskan, pasien berjenis kelamin laki-laki yang meninggal dunia dipastikan bukan akibat virus Corona. Hasil pemeriksaan medis pasien tersebut akibat gagal napas.

"Pasien itu kemarin meninggal, disampaikan karena infeksi di paru-paru dan saluran pernapasan yang bersifat berat. Pasien itu meninggal karena paru-parunya mengalami kerusakan akibat sesuatu. Sesuatu itu apa? Yang jelas sesuatu kemarin bukan virus Corona, karena hasil dari pemeriksaan yang kita kirimkan ke Jakarta mengatakan hasilnya negatif," ungkap Fatur, Rabu (26/2/2020)

Dia menjelaskan, penyebab infeksi di paru-paru cukup banyak bisa berupa virus, bakterial, jamur, atau makhluk hidup lain. Penyakit yang diderita pasien itu disebut Bronkopneumonia sehingga terjadi peradangan di paru-paru.

"Kalau seseorang dengan Bronkopneumonia, peradangan inflamasi di saluran napas di paru, di parenkim paru, maka orang ini akan mengalami gangguan dalam hal bernapas. Sehingga orang itu tidak bisa mengambil oksigen dan tidak bisa mengeluarkan CO2 itu yang akhirnya jatuh dalam kondisi gagal napas," paparnya.

Lebih lanjut diterangkan, bila pasien menderita Bronkopneumonia maka akan berdampak pada komplikasi multiorgan. Walaupun penyebab awalnya hanya terdapat di saluran pernapasan, tapi komplikasinya bisa menjalar ke seluruh organ.(Baca juga; RSHS Observasi Tiga WNI, Dua Pasien Dinyatakan Negatif Corona )

Sebelumnya diberitakan, seorang pasien yang menjalani observasi karena diduga terpapar virus Corona di RSUP dr Kariadi, meninggal dunia. Pasien itu mulai menjalani perawatan intensif pada 19 Februari, dan mengembuskan napas terakhir pada Minggu, 23 Februari.

Pasien tersebut diketahui berjenis kelamin laki-laki dan berusia di bawah 40 tahun. Sebelum menjalani perawatan di RSUP dr Kariadi, dia memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri yaitu baru kembali Spanyol dan transit di Dubai, Uni Emirat Arab.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1270 seconds (0.1#10.140)