Bendungan Cijurey dan Cibeet Diharapkan Bermanfaat bagi Warga Kabupaten Bogor

Kamis, 27 Februari 2020 - 07:50 WIB
Bendungan Cijurey dan Cibeet Diharapkan Bermanfaat bagi Warga Kabupaten Bogor
Bupati Bogor Ade Yasin. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
BOGOR - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citarum, Direktorat Jenderal Sumber Daya Air (Ditjen SDA), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sepakat membangun dua bendungan di wilayah Kabupaten Bogor bagian Timur, yakni bendungan Cijurey dan Cibeet.

Bupati Bogor Ade Yasin menyebutkan dalam waktu dekat segera menyosialisasikan kepada warga sekitar terkait rencana pembangunan bendungan yang akan dilakukan pemerintah pusat, khususnya menyangkut pembebasan lahan. Pemkab Bogor siap membantu memuluskan proses pembebasan Bendungan Cibeet yang membutuhkan lahan sekitar 1.040 hektare.

"Saya telah perintahkan Pak Sekda Kabupaten Bogor mulai melakukan sosialisasi. Kami minta masyarakat, mereka membantu untuk mempermudah," jelasnya, Rabu (26/2/2020). (Baca juga; Bupati Bogor Janji Serius Tata Kawasan Parung Panjang )

Ade menyatakan, pembebasan lahan untuk Bendungan Cibeet cukup berat. Sebab, 1.040 hektare lahan tersebut sebagian besar terdapat Lahan Pertanian dan Pangan Berkelanjutan (LP2B) yang telah masuk dalam peraturan daerah (perda). "Tapi karena ada kepentingan pusat kita dahulukan," katanya.

Untuk itu, Ade meminta pemerintah pusat harus memberikan kompensasi terkait keberadaan LP2B yang terdampak. Sebab, lahan tersebut merupakan penghasil pertanian yang sangat subur di Kabupaten Bogor.

"Harus di ganti disitu. Kan disitu termasuk penghasil pertanian yang subur. Itu harus jalan dua-duanya. Kita gak mau di PHP (harapan palsu)," ucapnya.

Apalagi, masyarakat sempat menolak pembangunan Bendungan Cibeet karena manfaatnya hanya mengairi wilayah Bekasi dan Karawang. Untuk itu, Pemkab Bogor menyampaikan, pembangunan Bendungan Cibeet harus diiringi dengan pembangunan Bendungan Cijurey.

Dengan demikian, masyarakat Kabupaten Bogor dapat memperoleh manfaat pembangunannya juga. "Karena Cijurey ini mengaliri sawah-sawah yang ada di (Kecamatan) Tanjungsari, Cariu, Sukamakmur dan Jonggol," katanya.

Sejauh ini, Ade menjelaskan, Bendungan Cibeet sudah dalam proses pengerjaan. Sedangkan Bendungan Cijurey, masih dalam pembahasan untuk segera diimplementasikan. "Jadi itu sudah ada progres di kementerian PUPR sudah dibahas. Detail Engineering Design (DED) sudah. Kita tunggu pengerjaan," jelasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.1554 seconds (0.1#10.140)