Jaswita Jabar-Perhutani Sepakat Kembangkan Wana Wisata Rancaupas

Rabu, 26 Februari 2020 - 18:23 WIB
Jaswita Jabar-Perhutani Sepakat Kembangkan Wana Wisata Rancaupas
Direktur Utama PT Jaswita Jabar Deni Nurdyana Hadimin dan Plt Direktur Utama PT Perhutani Bambang Catur Wahyudi menandatangani kerja sama pengembangan kawasan Wana Wisata Rancaupas di Jakarta, Rabu (26/2/2020). Foto/Dok.PT Jaswita Jabar
A A A
BANDUNG - Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov Jawa Barat, PT Jasa Kepariwisataan (Jaswita) Jabar dan Perum Perhutani sepakat bekerja sama mengembangkan kawasan Wana Wisata Rancaupas, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung.

Kesepakatan kerja sama tersebut ditandai penandatanganan nota kesepahaman kerja sama oleh Direktur Utama PT Jaswita Jabar, Deni Nurdyana Hadimin dan Plt Direktur Utama Perum Perhutani, Bambang Catur Wahyudi di Jakarta, Rabu (26/2/2020).

Kesepakatan kerja sama ini meliputi pemanfaatan jasa lingkungan di beberapa kawasan milik PT Perhutani yang berlokasi di Provinsi Jabar, salah satunya Wana Wisata Rancaupas di Kabupaten Bandung.

Direktur Utama PT Jaswita Jabar Deni Nurdyana Hadimin mengatakan, kesepakatan kerja sama ini merupakan salah satu bentuk percepatan yang dilakukan PT Jaswita Jabar dalam upaya meningkatkan performa usaha perseroan di bidang pariwisata.

Kerja sama ini pun sejalan dengan rencana kerja PT Jaswita Jabar pada tahun 2020 yang fokus pada pengembangan usaha di bidang pariwisata.

"Penandatanganan kerja sama ini merupakan salah satu upaya Jaswita Jabar untuk meningkatkan performa usaha, khususnya di bidang pariwisata karena kawasan Rancaupas memang memiliki potensi sangat besar sebagai salah satu destinasi wisata di Jawa Barat," kata Deni melalui keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Rabu (26/2/2020).

Deni juga mengatakan, kesepakatan kerja sama pengembangan kawasan Wana Wisata Ranca Upas merupakan wujud program Pariwisata Juara yang diusung Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang menjadikan sektor pariwisata sebagai lokomotif pembangunan ekonomi guna mewujudkan visi Jabar Juara Lahir Batin.

Di sisi lain, lanjut Deni, kerja sama pengembangan kawasan Wana Wisata Rancaupas juga bernilai strategis bagi Perhutani dalam mengoptimalkan sumber daya yang dimilikinya itu.

Sehingga, keberadaan kawasan Wana Wisata RancaUpas memberi kontribusi bagi perusahaan serta menghasilkan manfaat ekologi, sosial, dan ekonomi secara optimal.

Kawasan Wana Wisata Rancaupas berlokasi di Resot Pemangkuan Hutan (RPH) Cimanggu Bagian-bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tambak Ruyung Timur, Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Bandung Selatan. Nota kesepahaman ini berlaku untuk jangka waktu satu tahun terhitung sejak tanggal ditandatanganinya.

Kerja sama dengan Perhutani dalam pengembangan kawasan Wana Wisata Rancaupas sebagai destinasi wisata unggulan di Jabar juga merupakan salah satu dari program strategis PT Jaswita Jabar.

Selain kawasan Wana Wisata Rancaupas, tahun ini, PT Jaswita Jabar juga berencana membangun dan mengelola hotel di kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Majalengka, pembangunan resort dan kawasan seni budaya di Pantai Pangandaran.

Selain itu, pembangunan hotel dan kafe di Jalan Ambon, Kota Bandung; optimalisasi aset di kawasan Jalan Braga, dan Jalan Suniaraja, Kota Bandung; pembangunan hotel di lahan bekas Hotel Corner di Jalan Wastukancana, Kota Bandung, hingga pembangunan pusat logistik berikat di Cikampek, Kabupaten Karawang.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0481 seconds (0.1#10.140)