Dinsos Jabar Pastikan Kebutuhan Warga Terdampak Banjir Terpenuhi

Rabu, 26 Februari 2020 - 18:11 WIB
Dinsos Jabar Pastikan Kebutuhan Warga Terdampak Banjir Terpenuhi
Kapolres Subang AKBP Teddy Fanani (kanan) bersama warga terdampak banjir. Foto/Humas Polres Subang
A A A
BANDUNG - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Jawa Barat memastikan, kebutuhan warga terdampak banjir terpenuhi melalui penyaluran bantuan yang terus dilakukan ke sejumlah wilayah yang tergenang banjir.

Selain mendirikan posko dan dapur umum, Dinsos Jabar mendistribusikan makanan siap saji, makanan anak, tenda gulung, selimut, kasur, tas sekolah, dan perlengkapan alat mandi.

Kepala Dinsos Jabar, Dodo Suhendar menyatakan, pihaknya intens menyalurkan bantuan logistik, agar kebutuhan pokok masyarakat terdampak banjir bisa terpenuhi.

"Tim sudah kami kirim ke daerah-daerah yang tergenang banjir. Mereka akan berkoordinasi dengan BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) setempat untuk mendata dan membuat daftar logistik yang dibutuhkan. Semua kebutuhan warga harus terpenuhi," tegas Dodo di Bandung, Rabu (26/2/2020).

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Sekretariat Daerah (Setda) Jabar, Hermansyah menyatakan, penyaluran bantuan logistik hanyalah salah satu upaya Pemprov Jabar dalam penanganan bencana banjir.

"BPBD Jawa Barat sudah menurunkan SDM (sumber daya manusia) dan peralatan untuk penanganan banjir, seperti perahu karet," katanya.

"Pemantauan kejadian bencana banjir juga dilakukan 24 jam dalam 7 hari. Selain pemantauan, data-data terkait bencana banjir akan di-update setiap hari," sambung Hermansyah.

Sejumlah upaya tersebut, kata Hermansyah, sudah menjadi standar operasional prosedur (SOP) Pemprov Jabar dalam penanganan bencana banjir.

"Soliditas sejumlah pihak, mulai dari pemda, BPBD, TNI, Polri, dan organisasi kemanusiaan bisa membuat penanganan bencana banjir di Jabar kali ini berjalan cepat dan tepat," katanya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.0663 seconds (0.1#10.140)