Sekda Jabar Gelar Rakor Lintas Sektor Penanganan Bencana Banjir

Selasa, 25 Februari 2020 - 22:44 WIB
Sekda Jabar Gelar Rakor Lintas Sektor Penanganan Bencana Banjir
Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja memimpin rapat penanganan bersama sejumlah perangkat daerah di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (25/2/2020). Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Pemprov Jawa Barat menggelar rapat koordinasi (rakor) penanganan banjir yang melanda sejumlah wilayah di Jabar, seperti Kota/Kabupaten Bekasi, Karawang, dan Subang.

Rapat koordinasi yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Jabar Setiawan Wangsaatmaja itu melibatkan sejumlah perangkat daerah, di antaranya Badan Penanggulangan Daerah (BPBD), Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (Dinas PSDA), Dinas Sosial, hingga Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jabar.

Dalam kesempatan itu, Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja menginstruksikan BPBD Jabar untuk bersiaga penuh membantu penanggulangan banjir, khususnya memberikan bantuan kepada warga terdampak banjir.

"BPBD Jabar harus berkoordinasi dengan BPBD kabupaten dan kota terkait bantuan yang diperlukan, agar bantuan itu bisa segera dikerahkan kepada warga terdampak maupun yang mengungsi," kata Setiawan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (25/2/2020).

Setiawan juga menegaskan, penanganan banjir akibat curah hujan tinggi sejak Senin, 24 Februari 2020 malam itu bukan hanya menjadi tanggung jawab BPBD, melainkan lintas sektor.

"Hari ini saya langsung mengoordinasikan, mulai dari Dinas PSDA, BPBD, Dinas Sosial, termasuk Bappeda Provinsi Jawa Barat," ujar Sekda Jabar.

Selain itu, pihaknya pun terus berkoordinasi dengan sekda kabupaten/kota yang berdampak banjir untuk mengetahui perkembangan kondisi banjir maupun warga yang terdampak banjir.

"Tolong report yang ada di lapangan posisinya seperti apa, misalnya apa saja yang sudah dilakukan, apa saja yang kurang, dan apa saja yang dibutuhkan," tutur Setiawan.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.9069 seconds (0.1#10.140)