Cerita Jienita, Mahasiswi PSDKU Unpad Pangandaran Terbitkan 7 Novel

Selasa, 25 Februari 2020 - 21:10 WIB
Cerita Jienita, Mahasiswi PSDKU Unpad Pangandaran Terbitkan 7 Novel
Jienita Klistina, mahasiswi Semester IV Jurusan Ilmu Komunikasi, Fikom, PSDKU Unpad Pangandaran yang berhasil menerbitkan 7 novel. SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Jienita Klistina (19), mahasiswi Program Studi di Luar Kampus Utama (PSDKU) Universitas Padjadjaran (Unpad) Pangandaran, berhasil terbitkan 7 judul novel sejak masih duduk di bangku sekolah menengah kejuruan (SMK) hingga kuliah.

Tujuh novel Jienita yang telah diterbitkan, antara lain, Berhenti Berharap, Aku Cinta Dia, Hijrahku, Love Quotes, Masih Menunggu, Bintang Jatuh, Cinta Dalam Diam, dan Then Came You.

Jienita yang saat ini masih kuliah di semester IV Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom), PSDKU Unpad, Pangandaran, merupakan putri dari pasangan suami istri, Suryajie dan Eni Jie.

"Membuat novel bagi saya sekadar hobi. Daripada tulisan saya terbuang ke tempat sampah, lebih baik dikasih ke penerbit untuk dibuat novel," kata Jienita saat diwawancarai SINDOnews di salah satu kedai kopi di Pangandaran.

Hobi menulis ditekuni Jienita sejak masih duduk di bangku kelas 1 SMP. Akhirnya, waktu duduk di kelas 1 SMK berhasil menerbitkan novel pertama dengan judul Berhenti Berharap.

"Novel yang saya terbitkan bertema soal cinta yang terinspirasi dari perjalanan pribadi hingga fenomena yang terjadi dalam kehidupan, baik pada diri saya maupun teman dan kerabat," ujar dia.

Untuk menerbitkan hasil karyanya, Jienita mengaku menjalin kemitraan dengan penerbit Guepedia sejak duduk di bangku SMK.

"Royalti yang didapatkan dari hasil karya novel saya, di sumbangkan untuk sarana keagamaan dari novel pertama hingga novel ke tujuh," tutur Jienita.

Jienita berpesan kepada mahasiswa dan mahasiswi di Kabupaten Pangandaran jika memiliki hobi menulis hendaknya terus ditingkatkan karena akan menjadi kebanggaan tersendiri jika hasil karya bisa dibaca orang lain.

"Melalui tulisan, hasil karya kita akan abadi dan menjadi inspirasi. Untuk itu, mari kita budayakan menulis," pesan gadis berparas manis ini.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.8000 seconds (0.1#10.140)