Anggota DPRD Jabar Yuningsih: BUMDes Harus Dongkrak Ekonomi Warga Desa

Selasa, 25 Februari 2020 - 18:27 WIB
Anggota DPRD Jabar Yuningsih: BUMDes Harus Dongkrak Ekonomi Warga Desa
Anggota Komisi II DPRD Jabar Yuningsih. Foto/SINDOnews/Agung Bakti Sarasa
A A A
SUBANG - Anggota Komisi II DPRD Jawa Barat Yuningsih menegaskan, keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) harus mampu mendongkrak perekonomian, sehingga warga desa bisa hidup sejahtera.

Hal itu dikatakan Yuningsih dalam kegiatan Penebaran Benih Patin Perkasa di kolam ikan milik BUMDes Berkah Abadi di Desa Rancabango, Kabupaten Subang sebagai wujud kerja sama antara BUMDes Berkah Abadi dan Balai Riset Pemuliaan Ikan (BRPI) Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Dalam kegiatan yang dihadiri penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan Martani Huseini itu, Yuningsih mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerja sama dalam rangka membangun desa inovasi patin atau sentral patin di wilayah pantai utara (pantura) Jabar itu. Kerja sama yang dibangun harus mendongkrak perekonomian masyarakat desa.

"Libatkan masyarakat, bukan hanya budidaya, tapi harus sampai pengolahan, membuat pabrik, atau bahkan tempat wisata kuliner. Ini akan semakin banyak warga yang ikut terlibat," kata Yuningsih.

Yuningsih menilai, kerja sama tersebut merupakan peluang yang sangat bagus untuk mendongkrak ekonomi masyarakat desa. Bahkan, kerja sama dapat melibatkan kaum perempuan untuk memproduksi produk turunan ikan patin, seperti keripik ikan patin.

"Ibu-ibu harus diberdayakan. Ini penting agar kehadiran BUMDes bisa lebih banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Kemudian, pemerintah bantu pemasarannya," ujar dia.

Ke depan, tutur Yuningsih, kerja sama yang dibangun antara BUMDes Berkah Abadi dan BPRI tersebut juga harus melibatkan kementerian lainnya, seperti Kementerian Desa, Kementerian Kelautan dan Perikanannya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, hingga Kementerian Perdagangan. "Ini bisa booming. Harus terus didorong. Semua harus komit dan ikut terlibat," tutur Yuningsih.

Sementara itu, penasihat Menteri Kelautan dan Perikanan Prof Martani Huseini berharap, BUMDes Berkah Abadi dapat menjadi BUMDes percontohan, khususnya dalam inovasi sektor perikanan.

Menurut Martani, kerja sama yang dilakukan antara BUMDes Berkah Abadi dan BPRI juga meliputi jaminan pasarnya. Artinya, BUMDes Berkah Abadi tak perlu memikirkan pemasaran, namun cukup fokus pada budidaya. "Hulunya di sini (budidaya oleh BUMDes) hilirnya urusan kami," kata Martani.

Sementara itu, Direktur BUMDes Berkah Abadi Ahmad Fauzi Ridwan mengatakan, optimistis dengan kerja sama yang dijalin dengan BPRI tersebut.

"Kami optimistis kerja sama ini bisa sukses, apalagi pihak balai siap menjadikan BUMDes Rancabango untuk jadi BUMDes percontohan," kata Fauzi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.2976 seconds (0.1#10.140)