Peduli Penghijauan, Polda Jabar dan Seniman Gelar Pemeran-Lelang Lukisan

Selasa, 25 Februari 2020 - 00:44 WIB
Peduli Penghijauan, Polda Jabar dan Seniman Gelar Pemeran-Lelang Lukisan
Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi menunjukkan lukisan berjudul Sinergitas TNI-Polri yang dilelang. Insert: Kapolda dan istri melihat-lihat lukisan yang dipamerkan. Foto-foto/Humas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Kepolisian Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) bersama Komunitas Pelukis Indonesia (Kompi) menggelar Pameran dan Lelang Lukisan Polri Bersama Seniman Peduli Penghijauan dan Bencana Alam di Graha Bhayangkara, Jalan Cicendo, Kota Bandung, Senin (24/2/2020) malam.

Pameran dibuka oleh Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi. Tampak hadir dalam acara itu, Wakapolda Jabar Brigjen Pol Akhmad Wiyagus, para pejabat utama Polda Jabar, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Ulung Sampurna Jaya, kapolresta, dan kapolres jajaran Polda Jabar.

Pameran dengan tema 'Peduli Kita Harapan Mereka' itu berlangsung selama 6 dari 24 hingga 29 Februari 2020. Sebanyak 95 lukisan yang dipamerkan merupakan karya 20 pelukis dari seluruh Indonesia. Lima dari 95 lukisan di antaranya dilelang.

Kapolda Jabar Irjen Pol Rudy Sufahriadi mengatakan, maksud kegiatan pameran dan lelang lukisan ini adalah wujud rasa peduli terhadap lingkungan dan bencana alam. Kegiatan ini juga untuk memberi apresiasi kepada seniman lukis.

Hasil dari pameran dan lelang tersebut sebagian akan disumbangkan untuk kegiatan peduli penghijauan dan bantuan bagi korban bencana alam. Penghijauan akan dilakukan di lahan-lahan kritis di Jawa Barat.

"Serta menjadi bagian dari mencintai seni khususnya seni rupa Indonesia. Karena itu, turut diundang para pengusaha agar mereka juga peduli," kata Kapolda.

Peduli Penghijauan, Polda Jabar dan Seniman Gelar Pemeran-Lelang Lukisan


Rudy mengemukakan, pameran dan lelang lukisan ini kegiatan positif. Sebab, seni lukis adalah ungkapan perasaan pelukis yang disampaikan kepada orang lain agar mereka dapat merasakan apa yang dirasakan pelukis.

Pameran, ujar Rudy, juga sebagai salah satu sarana selain sebagai ajang silaturahmi pelukis dan berfungsi sebagai tempat bagi pelukis mendapatkan apresiasi dari masyarakat atau pengunjung.

"Pameran dan lelang lukisan ini juga sejalan dengan misi Kapolri Jenderal Pol Idham Aziz, yaitu Program Menanam Sejuta Pohon untuk Penghijauan untuk mencegah bencana alam dan tanah longor yang akhir-akhir ini kita alami," ujar Rudy.

Melalui pameran ini, tutur Kapolda, sangat diharapkan kesadaran untuk menjaga lingkungan dan menggalakkan penghijauan agar ke depan, musibah bencana alam tidak akan terulang kembali.

"Pada hari pertama ini sudah banyak terjual. Kami harapkan menjadi pembuka pintu. Saya masih ingin melakukan yang lebih besar lagi dan bermanfaat terutama untuk warga Jabar," tutur dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara Pameran dan Lelang Lukisan Kombes Pol Solichin yang juga menjabat Kepala Biro Sumber Daya Manusia (Karo SDM) Polda Jabar mengatakan, seniman-seniman yang tergabung dalam Kompi, lewat karya lukisan mereka menjadikan motivasi untuk lebih peduli dengan keadaan sekitar, terutama alam.

"Hasil dari pameran dan lelang Lukisan ini akan disumbangkan kepada yang membutuhkan. Di samping itu, dapat menghidupkan kembali budaya dan kearifan lokal agar dapat lebih luas untuk mengenal seni budaya Nusantara," ungkap Solichin.

Lukisan yang dilelang merupakan karya pelukis kondang di Indonesia. Dua di antaranya seniman itu kelahiran Cianjur, yakni Jaja Ilalang dan Fiez Sopyan. Pada hari pertama, harga tertinggi lukisan yang dilelang senilai Rp99 juta.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.4138 seconds (0.1#10.140)