Emil Ingin Pantai Pangandaran Jadi Objek Wisata Kelas Dunia

Senin, 08 Oktober 2018 - 18:07 WIB
Emil Ingin Pantai Pangandaran Jadi Objek Wisata Kelas Dunia
Tangkapan layar rencana revitalisasi Pantai Pangandaran dari akun Instagram @ridwankamil.
A A A
BANDUNG - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ingin mewujudkan Pantai Pangandaran di Kabupaten Pangandaran menjadi objek wisata kelas dunia lewat revitalisasi yang akan dilakukan Pemprov Jabar bekerja sama dengan Pemkab Pangandaran.

Keinginan Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil itu sempat dia ungkapkan melalui akun Instagram, @ridwankamil, Jumat 5 Oktober 2018 lalu. Bahkan, dalam unggahannya, Emil menulis ingin menata ulang Pantai Pangandaran layaknya Waikiki Beach, Hawaii, Amerika Serikat. Tak lupa, dia juga melampirkan foto-foto sebelum dan sesudah revitalisasi yang diharapkannya itu.

Saat dikonfirmasi Senin (8/10/2018), Emil membenarkan bahwa dia mewacanakan mengubah wajah Pantai Pangandaran menjadi objek wisata layaknya objek wisata pantai di Hawaii. Revitalisasi akan dilakukan di dua pantai, yakni Pantai Barat dan Pantai Timur Pangandaran.

"Di Pantai Timur dan Pantai Barat akan kami desain. Sehingga di sana tidak terjadi kekumuhan. Mau menengah atas menengah bawah, semuanya berinteraksi," kata Emil di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Keinginannya menyulap Pantai Pangandaran, ujar Gubernur, tak lepas dari pengalamannya mengunjungi pantai-pantai di Hawaii. Dia optimistis, mengubah wajah Pantai Pangandaran menjadi objek wisata kelas dunia tidaklah sulit.

"Saya pernah ke Hawaii beberapa kali. Saya kira bisa, tidak susah asalkan kita ikuti pola yang akan kita desain dan masyarakat mengikuti aturan," ujar dia.

Emil menuturkan, agar menjadi objek wisata kelas dunia, penataan Pantai Pangandaran harus dilakukan secara luar biasa. "Kita harus naik kelas dari penataan biasa-biasa, menjadi luar biasa. Desainnya mana aja yang baik di dunia ini kita contoh secara baik," tutur Emil.

Emil menambahkan, anggaran revitalisasi Pantai Pangandaran tersebut akan menggunakan dana patungan dari APBD Pemprov Jabar dan APBD Pemkab Pangandaran. "Sebagian (dana) Pangandaran sudah ada, sebagian dari provinsi," tandas dia.

Diketahui, lewat akun Instagram@ridwankamil, Emil juga menulis, akan membangun pusat budaya di Pangandaran dan penataan Bandara Nusawiru di Kabupaten Pangandaran untuk mendukung pembukaan rute Jakarta-Pangandaran dan Bandung-Pangandaran.

Tidak hanya itu, Emil juga menulis, penataan Pantai Pangandaran akan disempurnakan dengan reaktivasi jalur kereta api Jakarta-Bandung-Pangandaran dan penataan pantai di kawasan selatan Jabar akan dilanjutkan hingga Pantai Garut Selatan, Sukabumi Selatan, dan lainnya.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.1376 seconds (0.1#10.140)