alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Italia Pun Menutup Kota Pusat Penyebaran Virus Corona

Victor Maulana
Italia Pun Menutup Kota Pusat Penyebaran Virus Corona
Jumlah orang terinfeksi virus Corona (COVID-19) yang terus meningkat, memaksa Pemerintah Italia menutup beberapa lokasi pusat penyebaran virus mematikan tersebut. Foto/Reuters

ROMA - Jumlah orang terinfeksi virus Corona (COVID-19) yang terus meningkat, memaksa Pemerintah Italia menutup beberapa lokasi pusat penyebaran virus mematikan tersebut. Perdana Menteri Italia, Giuseppe Conte mengumumkan, larangan orang memasuki atau meninggalkan lokasi-lokasi yang dianggap "hotspot" penyebaran Covid-19.

"Di zona-zona yang dianggap sebagai hotspot, baik masuk atau keluar tidak akan diizinkan tanpa izin khusus. Bisnis dan sekolah di daerah tersebut akan ditutup," kata Conte dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Channel News Asia pada Minggu (23/2/2020). (Baca juga; Setelah Wuhan, Giliran Warga Kota Daegu Korsel Dilarang Keluar Rumah)

Conte memperingatkan bahwa tindakan pembatasan akan berlangsung selama beberapa minggu, sesuai dengan lamanya masa inkubasi virus. "Sekitar 50.000 orang, yang sudah diminta untuk tinggal di rumah oleh otoritas setempat, akan terpengaruh," ujarnya.



Pihak berwenang di wilayah utara Lombardy dan Veneto dilaporkan telah menutup sekolah-sekolah dan melarang acara-acara publik. Sedangkan perusahaan-perusahaan dari pemilik Ray-Ban, Luxottica, hingga UniCredit, memerintahkan pekerja mereka yang tinggal di wilayah yang diduga sebagai pusat penyebaran untuk tinggal di dalam rumah.

Lombardy dan Veneto adalah jantung industri Italia. Kedua kota tersebut menyumbang 30% dari output domestik bruto. (Baca juga; 2.442 Tewas, 22.888 Sembuh dan 76.936 Terinfeksi Covid-19 di China)

Sejauh ini Italia telah mengkonfirmasi 72 orang telah terinfeksi virus tersebut. Dari 72 orang yang terinfeksi, dua orang dilaporkan meninggal dunia.



(wib)

preload video