Lawan Hoaks, Polisi Karawang Mendadak Jadi Artis

Senin, 08 Oktober 2018 - 14:40 WIB
Lawan Hoaks, Polisi Karawang Mendadak Jadi Artis
Tangkapan layar video kampanye antihoaks Polres Karawang. Istimewa/YouTube
A A A
KARAWANG - Dunia maya di Kabupaten Karawang diramaikan dengan munculnya video para pejabat hingga Bhayangkari Polres Karawang menyanyikan lagu antihoaks. Lagu tersebut sebenarnya merupakan lagu Meraih Bintang yang dinyanyikan Via Vallen, namun diubah liriknya menjadi antihoaks.

Video ini baru tiga hari beredar, sejak 5 Oktober, di dunia maya, namun sudah viral dengan 2.710 orang yang like hingga hari ini. Kapolres Karawang AKBP Slamet Waloya mengaku ide pembuatan lagu ini dilakukan secara spontan pada saat jajaran Polres Karawang sedang fokus mencari cara untuk menangkal berita-berita hoaks.

Menjelang pelaksanaan pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) sudah mulai dirasakan munculnya berita hoaks. "Kami mengantisipasi bagaimana menangkal berita hoaks yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat. Kemudian muncul ide untuk menyampaikan ini ke masyarakat dalam bentuk lagu dan video," katanya, Senin (8/10/2018).

Slamet mengatakan, pembuatan video lagu antihoaks ini hanya makan waktu empat hari mulai dari pengambilan suara, pengambilan gambar, hingga editing. Semangat untuk memerangi hoaks ini hingga proses pembuatan video berjalan lancar dan cepat.
"Proses pembuatan video ini tidak mengganggu tugas kami sebagai pelayan masyarakat, namun cukup efektif untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk menangkal berita hoaks," ujarnya.

Slamet berharap, dengan beredarnya video tersebut polisi bersama masyarakat Karawang bisa menangkal munculnya berita hoaks. Dalam lirik lagu tersebut disampaikan juga tentang apa yang disebut berita hoaks. "Kami harapkan pesan ini sampai ke masyarakat dengan baik dan semua sama-sama menghindari berita-berita hoaks dalam rangka menjaga kamtibmas di Karawang," katanya.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.7902 seconds (0.1#10.140)