Market SUV Terus Naik, Suzuki Perkenalkan XL7 di Bandung

Minggu, 23 Februari 2020 - 10:00 WIB
Market SUV Terus Naik, Suzuki Perkenalkan XL7 di Bandung
Suzuki memperkenalkan XL7, SUV 7 penumpang berkapasitas 1.462 CC. SINDOnews/Arif Budianto
A A A
BANDUNG - PT Nusantara Jaya Sentosa (NJS), main dealer mobil merek Suzuki mulai memasarkan mobil SUV tujuh penumpang XL7. Masuknya Suzuki pada segmen ini, melihat potensi market yang cukup besar.

Direktur PT Nusantara Jaya Sentosa Mieke Tanudiwidjaja mengatakan, pangsa pasar SUV di Jawa Barat tercatat terus bertumbuh setiap tahunnya. Angka tertinggi terjadi pada 2019 lalu, di mana segmen ini mencatat penjualan sekitar 500 unit per bulan, atau sekitar 6.000 unit selama setahun.

"Kendaraan SUV sekarang makin banyak digemari masyarakat, terutama yang tujuh seater. Makanya kami ikut menggarap pangsa pasar ini. Kami berharap, pangsa pasarnya terus meningkat pada tahun ini," kata Mieke pada acara Suzuki Day Bandung di kawasan Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (22/2/2020).

Menurut dia, melihat ceruk yang cukup besar, NJS optimistis mampu mencatat penjualan sekitar 80 unit per bulan untuk produk terbaru XL7. Produk ini diharapkan menguasai pangsa pasar 16% terhadap total market share SUV di Jabar.

XL7, kata dia, diharapkan ikut menopang total penjualan Suzuki di Jabar yang tahun ini ditargetkan mencapai 6.000 unit. Kondisi ekonomi yang makin stabil diharapkan mendorong penjualan mobil pada tahun ini.

Diketahui, XL7 merupakan produk pengembangan dari Escudo. Produk tersebut berhenti dipasarkan pada 2013, setelah mencatat penjualan lebih dari 3.000 unit. (Baca juga; Suzuki Optimistis Kuasai 80% Pasar Kendaraan Niaga di Jabar )

Saat ini, pengembangan XL7 dibagi tiga tipe, yaitu zeta, beta, dan alpha. Harga jual terdiri atas 6 varian matik dan manual. XL7 dibanderol mulai dari Rp236 juta hingga 273 juta.

4W Head of Brand Development PT Suzuki Indomobil Sales Harold Donnel mengatakan, XL7 merupakan produk fenomenal dan harapan menjadi tulang punggung penjualan Suzuki secara nasional. Produk ini diharapkan menguasai 20% pangsa pasar SUV nasional.

Menurut dia, Suzuki XL7 hadir dengan desain bold dan gagah dengan konfigurasi tujuh tempat duduk yang luas untuk kenyamanan penumpang. Suzuki XL7 juga memiliki berbagai fitur canggih yang membuat pengalaman berkendara semakin luar biasa dan melengkapi gaya hidup keluarga lndonesia.

Suzuki XL7 dibekali mesin K153 berkapasitas 1.462 cc yang dapat menghasilkan daya sebesar 10157 PS pada putaran 6.000 rpm serta torsi maksimal 138 Nm pada putaran uno rpm. Konsumsi bahan bakar 1 berbanding 20, atau 1 liter bensin untuk 20 km.

Suzuki XL7 juga memiliki tampilan eksterior yang gagah dengan adanya muscular sweeping cross bar-front chrome grille design, bold LED headlamp With URL, dan roof rail Dari segi Interior. Selain itu, terdapat juga audio system touch screen 8 Inch, carbon fibered pattern dashboard, ventilated cup holder, serta tampilan Multi Information Display (MID) yang modem.

Untuk menambah kenyamanan berkendara, Suzuki XL7 hadir dengan fitur canggih seperti smart e-mirror yang merupakan spion tengah dengan fungsi untuk merekam kejadian pada sisi depan maupun sisi belakang mobil secara langsung. "e-mirror dilengkapi 3 kamera yang merekam perjalanan. Ini belum dimiliki mobil lainnya di kelas sejenis," imbuhnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 5.4979 seconds (0.1#10.140)