Diduga Akibat Korsleting Listrik, 2 Rumah di Rancaekek Ludes Terbakar

Minggu, 23 Februari 2020 - 09:48 WIB
Diduga Akibat Korsleting Listrik, 2 Rumah di Rancaekek Ludes Terbakar
Api meludeskan dua rumah semipermanen di Rancaekek, Kabupaten Bandung. Foto/Humas Polda Jabar
A A A
BANDUNG - Dua unit rumah semi permanen di di Kampung Bojongsalam RT 01/RW 09, Desa Bojongsalam, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung, ludes dilalap api.

Beruntung peristiwa yang terjadi pada Sabtu 22 Februari 2020 sekitar pukul 20.10 WIB itu tak menimbulkan korban, baik luka maupun jiwa.

Saat kebakaran terjadi yang diduga akibat korsleting atau hubungan arus pendek listrik, rumah semi permanen itu dalam keadaan kosong.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Saptono Erlangga Waskitoroso mengatakan, sesaat setelah menerima laporan, anggota Polsek Rancaekek langsung meluncur ke lokasi kejadian. Petugas mengamankan lokasi dari warga yang hendak melihat dari dekat peristiwa.

"Pemicu kebakaran tersebut dugaan sementara akibat korsleting listrik dari rumah kosong milik ibu Tita yang tidak dihuni selama kurang lebih dari tujuh bulan," kata Erlangga, Minggu (23/2/2020).

Berdasarkan keterangan saksi Ucep, ujar Erlangga, api berasal dari rumah sebelah yang dalam keadaan tidak dihuni selama tujuh bulan milik ibu Tita.

"Peristiwa bermula ketika saksi Usep sedang berada di tengah rumah yang berdampingan dengan rumah kosong milik Tita. Usep mendengar bunyi gemeretak. Kemudian dia melihat rumah ibu Tita dalam keadaan terbakar dan api cepat merembet ke rumah Usep," ujar Erlangga.

Kebakaran cepat membesar karena sebagian besar rumah terbuat dari kayu. Api baru bisa dipadamkan sekitar pukul 21.20 WIB setelah warga bersama dua unit pemadam kebakaran (damkar) dari Majalaya dan Cicalengka berjibaku memadamkan api sebelum merembet ke rumah lain.

"Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut hanya kerugian materi berupa dua unit rumah semi permanen yang belum diketahui berapa jumlahnya. Untuk memastikan penyebab kebakaran itu, masih dalam penyelidikan Polsek Rancekek," tutur Kabid Humas.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 2.8262 seconds (0.1#10.140)