alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Porkab III KBB Digelar 28 Maret 2020, Ini 36 Cabor yang Dipertandingkan

Adi Haryanto
Porkab III KBB Digelar 28 Maret 2020, Ini 36 Cabor yang Dipertandingkan
Ketua PB Porkab III KBB Usep Sukarna (kanan) didampingi Sekretaris Lili Supriatna saat konferensi pers persiapan Porkab III KBB di Padalarang, Sabtu (22/2/2020). Foto/SINDOnews/Adi Haryanto

BANDUNG BARAT - Event olahraga terbesar tingkat daerah, Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) III Bandung Barat dipastikan digelar mulai 28 Maret-4 April 2020.

Pembukaan dan penutupan event yang akan melibatkan sedikitnya 5.000 atlet, ofisial, mekanik, dan pelatih dari 16 kecamatan ini akan di gelar di Lapang Pusdikav, Kecamatan Padalarang selaku tuan rumahnya.

Sebanyak 36 cabang olahraga akan dipertandingkan. Meskipun secara total cabor yang terdata di KONI KBB ada 62 cabor, namun karena ada syarat peserta minimal dari perwakilan kecamatan, maka hanya 36 cabor yang akhirnya resmi dikompetisikan. Nantinya venue pertandingan tersebar di beberapa tempat dan yang terbanyak ada di Padalarang.



"Hanya 36 cabor yang kami pertandingkan, karena setiap cabor itu harus ada keterwakilan peserta minimal 5-7 kecamatan. Jika pesertanya kurang dari itu maka tidak akan dipertandingkan di Porkab," kata Ketua PB Porkab III KBB Usep Sukarna saat konferensi pers persiapan Porkab III KBB di Padalarang, Sabtu (22/2/2020).

Menurut dia, Porkab III pada 28 Maret 2020 nanti adalah hajat seluruh masyarakat KBB sehingga semua pihak harus andil ikut terlibat. Sukses Porkab menjadi sukses pemerintah daerah juga, mengingat ajang ini sebagai acuan dan tolak ukur dalam menilai kesiapan KBB sebagai tuan rumah Porprov 2022.

Apalagi Porkab menjadi sarana guna mencari bibit-bibit atlet muda yang berpotensi mengangkat prestasi KBB di tingkat nasional dan internasional di masa yang akan datang.

"Kami ingin ada bibit-bibit atlet baru dari pelosok KBB yang muncul, karena ada anggapan jika anak-anak muda di pelosok susah jadi atlet. Nah, melalui Porkab ini menjadi sarana untuk membuktikan kemampuan dan merangsang semangat anak-anak muda untuk menjadi atlet profesional," ujar dia.

Sekretaris PB Porkab III KBB, Lili Supriatna menambahkan, Porkab kali ini menjadi ajang kegiatan yang cukup gebyar karena Ketua KONI KBB, Rian Firmansyah ingin menjadikan KBB sebagai pusat dan miniaturnya olahraga di Jawa Barat.

Target tersebut mendapat dukungan dari Ketua KONI Jabar dan ketua serta anggota Komisi X DPR RI yang direncanakan hadir pada pembukaan Porkab nanti.

Hal ini juga sesuai dengan tema yang diusung dalam Porkab III yakni mengokohkan target menuju tiga besar Porprov 2022 dan mendukung Visi Aspiratif, Kreatif, Unggul, dan Religius (AKUR). Selain itu, tutur Lili, pada gelaran nanti akan dilaunching secara resmi logo PB Porkab yakni ayam jago yang diberi nama 'Si Lumpat'.

Untuk atlet peraih medali emas PON dan Porda tidak diperkenankan ikut Porkab, mereka akan dihadirkan untuk memberi semangat. Bahkan mantan pebulutangkis nasional Taufik Hidayat dan atlet peraih medali emas di ajang Asian Games juga akan turut hadir.

"Kami tidak ingin anjang-anjangan dalam menyelenggarakan Porkab. Makanya selain anak-anak SD kami juga merangkul anak-anak dari pondok pesantren, MI, MTs, dan MA, untuk ikut karena mereka juga punya potensi dikeolahragaan," pungkas Lili.

36 Cabor yang Dipertandingkan di Porkab III KBB:
1. Bola Basket
2. Bola Voli Indoor
3. Bola Voli Pantai
4. Futsal
5. Sepak bola
6. Bola Tangan
7. Bola Keranjang
8. Bulu tangkis
9. Catur
10. Squash
11. Tenis Lapang
12. Tenis Meja
13. Woodball
14. Soft Tenis
15. Pentaque
16. Angkat Berat
17. Angkat Besi
18. Atletik
19. Menembak
20. Panahan
21. Panjat Tebing
22. Renang
23. Sepatu Roda
24. Dayung
25. Gulat
26. Karate
27. Pencak Silat
28. Taekwondo
29. Tarung Derajat
30. Tinju
31. Wushu
32. Jujitsu
33. Binaraga
34. Drum Band
35. Senam
36. Balap Motor



(awd)

preload video