Pangdam Lantik 177 Bintara Remaja TNI AD, Serda Celvin Terbaik

Sabtu, 22 Februari 2020 - 14:40 WIB
Pangdam Lantik 177 Bintara Remaja TNI AD, Serda Celvin Terbaik
Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto menyerahkan piagam penghargaan kepada Serda Celvin Putra Hasian Silalahi sebagai lulusan terbaik Dikmaba TNI AD tahun 2019. Foto/Pendam Siliwangi
A A A
BANDUNG - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto melantik dan mengambil sumpah 177 Bintara remaja abit Pendidikan Pertama Bintara (Dikmaba) TNI AD tahun 2019 di Lapangan Patriot Secaba Rindam III/Siliwangi, Jalan Arcamanik Bihbul, Kabupaten Bandung, Sabtu (22/2/2020).

Pelantikan diawali dengan penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD tahun 2019 oleh Pangdam III/Siliwangi. Dalam proses rangkaian upacara, Pangdam melepas tanda pangkat siswa dan memasang tanda pangkat Sersan Dua (Serda) serta penyerahan piagam penghargaan kepada prajurit terbaik.

Bintara terbaik itu Serda Celvin Putra Hasian Silalahi langsung menerima penghargaan. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengambilan sumpah sebagai prajurit dan penandatanganan naskah penyumpahan.

"Dengan telah selesainya Pendidikan Pertama Bintara TNI AD ini, saya ucapkan selamat atas keberhasilan kalian dalam menyelesaikan pendidikan yang dimulai 7 Oktober 2019 hingga dilantik menjadi Prajurit TNI AD," kata Pangdam.

"Selamat juga kepada para orang tua dan keluarga yang telah berhasil mengantarkan putra-putranya menjadi bagian dari keluarga besar TNI AD," ujar Pangdam.

Panglima mengimbau para orang tua terus memberikan dukungan dan motivasi agar para prajurit TNI AD muda tersebut dapat melaksanakan setiap tugas yang diembannya dengan ikhlas dan penuh semangat.

"Penutupan pendidikan, pelantikan dan pengambilan sumpahan ini, menandai bahwa kalian (Bintara TNI AD) telah resmi berganti status yang semula prajurit siswa menjadi seorang prajurit TNI AD dengan pangkat Sersan Dua, sehingga akan terikat dengan hak dan kewajiban sebagai prajurit," tutur Panglima.

Janji atau sumpah yang diucapkan, ungkap Pangdam, pada hakikatnya merupakan janji luhur yang harus dipertanggungjawabkan kepada Bangsa dan Negara serta di hadapan Tuhan Yang Maha Esa.

"Dengan penambahan 177 personel level Bintara ini, diharapkan dapat menjadi daya dukung sangat andal terhadap peningkatan kinerja TNI AD sehingga dapat lebih maksimal lagi," ungkap Nugroho.

Karena itu, kata Pangdam, para Bintara muda mempersiapkan diri dengan baik, tanamkan disiplin, dan tekad kuat serta implementasikan pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh di lembaga pendidikan ini demi keberhasilan tugas.

"Jangan pernah berhenti belajar, berlatih, dan menuntut ilmu. Senantiasa menjaga nama baik dan kehormatan diri, keluarga, dan institusi dengan berupaya menghindari berbagai pelanggaran," kata Pangdam.

Setelah ini, para Bintara TNI AD tersebut segera mengikuti pendidikan di pusat pendidikan (pusdik) kecabangan. Karena itu, siapkan fisik dan mental guna meraih ilmu pengetahuan, baik teori maupun praktik sebagai bekal berkarya menghadapi tugas di satuan nanti.

"Manfaatkan waktu yang ada dengan sebaik-baikya untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan kerabat dekat," pungkas Pangdam.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.4495 seconds (0.1#10.140)