Warga Karangtirta Pangandaran Resah dengan Kemunculan Buaya Muara

Jum'at, 21 Februari 2020 - 16:48 WIB
Warga Karangtirta Pangandaran Resah dengan Kemunculan Buaya Muara
Warga di sekitar Blok Kelewer, Dusun Cipari, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, resah dengan kemunculan buaya muara. SINDOnews/Syamsul Maarif
A A A
PANGANDARAN - Warga di sekitar Blok Kelewer, Dusun Cipari, Desa Sukaresik, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, resah dengan kemunculan buaya muara . Apalagi Blok Kelewer di sungai Citonjong sumber mata pencarian para nelayan.

Kuswandi, (36) warga Dusun Cipari mengatakan, sejak buaya muara sering muncul, warga yang biasa mancing di sungai Citonjong menjadi ketakutan. Bahkan beberapa penderes nira yang memiliki garapan di seberang sungai Citonjong memilih untuk tidak mengambil nira jika sudah lewat pukul 16.00 WIB.

"Biasanya di sungai Citonjong ramai dikunjungi orang mencari ikan, kepiting dan udang," kata Kuswandi. (Baca juga; Buaya Muncul di Pantai Timur Pangandaran, Warga dan Wisatawan Geger )

Warga lainnya Ujang menerangkan, kemunculan buaya muara tersebut bisa 3 kali dalam satu hari. Kemunculan buaya muara tersebut waktu pagi sekitar pukul 09.00 WIB, siang sekitar pukul 14.00 WIB dan sore sekitar pukul 16.00 WIB.

"Waktu air sungai Citonjong pasang, muncul buaya muara sekitar 1 meter, warga waktu itu kebingungan untuk menangkap karena tidak memiliki alat. Kami harap instansi yang berkaitan dengan penanganan buaya muara melakukan upaya penangkapan agar warga tidak ketakutan," katanya.

Dihubungi terpisah pihak BKPSDA Uking Iskandar mengatakan, pihaknya siap menangani persoalan kemunculan buaya tersebut. "Kami mengimbau jika warga melihat ada buaya muara di sungai Citonjong kembali muncul untuk menghubungi kami secepatnya," tegasnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.1371 seconds (0.1#10.140)