Gempa Tasikmalaya Bikin Tebing Palasari Cijolang Garut Longsor

Jum'at, 21 Februari 2020 - 16:06 WIB
Gempa Tasikmalaya Bikin Tebing Palasari Cijolang Garut Longsor
Gempa bumi berkekuatan 4,9 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Tasikmalaya pada Jumat, (21/2/2020) pukul 07.57.13 WIB, menyebabkan tebing longor di Palasari Cijolang, Limbangan, Garut. Ilustrasi/SINDOnews
A A A
GARUT - Gempa bumi berkekuatan 4,9 magnitudo yang mengguncang Kabupaten Tasikmalaya pada Jumat, (21/2/2020) pukul 07.57.13 WIB, menyebabkan tebing longor di Palasari Cijolang, Limbangan, Garut.

Menurut warga setempat, tebing tersebut longsor sesaat setelah getaran gempa. Material longsor berada di sekitar jalan raya Limbangan-Nagreg.

Masyarakat diimbau untuk berhati-hati dalam berkendara saat melintasi titik terjadinya longsoran. (Baca juga; Gempa 4,9 Magnitudo Guncangan Tasikmalaya, Getaran Terasa hingga Bandung )

BMKG menyebutkan dalam rilisnya, masyarakat Garut dan sekitarnya merasakan guncangan gempa. Mereka yang berada di Garut, Tasikmalaya dan Pangandaran merasakan gempa dengan intensitas II – III MMI dan masyarakat di Sukabumi III MMI.

"MMI atau Modified Mercalli Intensity merupakan skala untuk mengukur kekuatan gempa bumi. Skala pada II MMI menjelaskan bahwa getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang, sedangkan III MMI yaitu getaran dirasakan nyata dalam rumah; terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," ujar Agus Wibowo, Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 6.4025 seconds (0.1#10.140)