Uniknya Karnaval Exotica dan Pesona Mangga Gedong Gincu

Minggu, 07 Oktober 2018 - 12:26 WIB
Uniknya Karnaval Exotica dan Pesona Mangga Gedong Gincu
Warga Indramayu antusias menyaksikan Karnaval Exotica dan Pesona Pelem Indramayu di Sungai Cimanuk. Foto/MNC News/Toiskandar
A A A
INDRAMAYU - Ribuan masyarakat Indramayu, Sabtu 6 Oktober 2018, siang, tumpah ruah di bantaran Sungai Cimanuk untuk meyaksikan Karnaval Exotica dan Pesona Pelem (mangga) Khas Indramayu.

Uniknya, panitia menggelar karnaval untuk memperingati hari jadi ke-491 Kabupaten Indramayu itu di atas rakit menyusuri Sungai Cimanuk.

Uniknya Karnaval Exotica dan Pesona Mangga Gedong Gincu


Acara semakin seru karena masyarakat dibolehkan berebut mangga gedong gincu. Masyarakat antusias berebut mangga khas Indramayu itu saat iring-iringan karnaval melintas di sepanjang Sungai Cimanuk.

Mereka berusaha mendapatkan mangga yang dilemparkan dari rakit. Dalam waktu 15 menit, tiga ton mangga gedong gincu habis tak bersisa dibawa pulang warga.

Sebelum berebut buah mangga gedong gincu dimulai, masyarakat yang menyaksikan Karnaval Exotica dan Pesona Mangga Indramayu, dihibur tradisi gadis ngarot, Tari Sintren, dan penampilan tari kesenian tradisional khas indramayu lainnya.

Meski teriknya matahari sangat menyengat, namun tak mengurangi antusiasme ribuan warga untuk menyaksikan atraksi dan seni budaya tradisional Indramayu itu.

Menurut warga, baru kali ini karnaval digelar di aliran Sungai Cimanuk menggunakan rakit. “Biasanya kan karnaval di jalan raya, tapi ini di sungai. Saya kagum dengan ide dan kreativitas peserta,” kata Maryati, warga Indramayu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbupar) Indramayu Odang Kusmayadi mengatakan, karnaval sengaja digelar Sungai Cimanuk untuk memberikan daya tarik wisata. Harapannya, banyak wisatawan nusantara dan mancanegara berkunjung ke Indramayu. “Acara seperti ini akan digelar rutin setiap tahun,” kata Odang.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.6805 seconds (0.1#10.140)