Masyarakat Antusias Saksikan Pameran Alutsista HUT TNI

Minggu, 07 Oktober 2018 - 06:33 WIB
Masyarakat Antusias Saksikan Pameran Alutsista HUT TNI
Ribuan masyarakat antusias menyaksikan pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) di pelataran Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung. Foto/SINDOnews/Agus Warsudi
A A A
BANDUNG - Ribuan masyarakat antusias menyaksikan pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) di pelataran Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung.

Pameran yang digelar Kodam III/Siliwangi untuk memeriahkan hari ulang tahun (HUT) ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI) itu berlangsung selama tiga hari, dari Jumat 5 Oktober hingga 7 Oktober 2018.

Di pameran ini, masyarakat dapat mengenal lebih dengan apa dan siapa TNI serta persenjataannya. Tampak dipamerkan salah satu tank kebanggaan TNI yang baru yaitu Leopard. Kemudian, tank Marder, AMX -13 Canon Comando, Meriam 144 Caesar, Astros, Panser Anoa, senjata berat jenis M2 Browning, kendaraan penjinak bahan peledak (jihandak), dan lain-lain.

Selain masyarakat umum, banyak pula pelajar yang datang ke pemeran alutsista TNI tersebut. Mereka berebutan untuk berfoto atau selfie dengan kendaraan tempur. Terlihat seorang ibu susah payah berusaha naik ke salah satu tank yang dipamerkan. Akhirnya dia bisa naik karena dibantu anggota TNI.
Masyarakat Antusias Saksikan Pameran Alutsista HUT TNI

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan mengatakan, senjata dan kendaraan tempur yang dipamerkan untuk diperkenalkan agar masyarakat tahu dan ada rasa bangga atas alutsista atau persenjataan TNI. Selain itu, pameran ini juga bertujuan untuk semakin mendekatkan TNI dengan rakyat.

"Tujuan pameran kali ini, kami ingin memperkenalkan kepada seluruh masyarakat, terutama generasi muda untuk lebih mengenal TNI itu siapa, sekaligus untuk menumbuhkan rasa bangga bahwa kita punya tentara yang kuat," kata Besar.

Besar mengemukakan, pemeran juga dimaksudkan untuk mengakomodasi keingintahuan kalangan muda yang ingin menjadi prajurit TNI. Dengan mengunjungi pameran, mereka bisa mendapatkan gambaran sekaligus mempersiapkan diri.

"Mungkin dari adik-adik ada yang ingin masuk TNI, bisa menanyakan langsung di sini bagaimana masuk TNI dan bagaimana menyiapkannya," ujar Pangdam.
Masyarakat Antusias Saksikan Pameran Alutsista HUT TNI

Selain alutsista, didirikan pula sejumlah stan pameran dari berbagai institusi TNI. Di sini juga masyarakat bisa mendapatkan layanan. Seperti di stan Kesehatan Kodam (Kesdam) III/Siliwangi, pengunjung bisa mendapatkan layanan cek kesehatan gratis, pemeriksaan gula darah, densitas tulang, hingga pemeriksaan mata.

"Segala informasi berkaitan dengan TNI bisa ditanyakan di sini. Ini ajang rekreasi sekaligus pembelajaran bagi adik-adik kita," tutur Besar.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.3468 seconds (0.1#10.140)