Emil Segera Kirim Masker untuk Warga Jabar di Negara Terdampak Corona

Rabu, 19 Februari 2020 - 19:57 WIB
Emil Segera Kirim Masker untuk Warga Jabar di Negara Terdampak Corona
Gubernur Jabar Ridwan Kamil. Foto/Humas Pemprov Jabar
A A A
BANDUNG - Setelah istrinya, Atalia Praratya mengirimkan lebih dari 10.000 masker untuk warga Jabar di China dan Hongkong, sang suami yang juga Gubernur Jabar Ridwan Kamil juga segera mengirimkan bantuan masker bagi warga Jabar di negara-negara lain yang terdampak wabah virus Corona atau Covid-2019.

Gubernur yang akrab disapa Emil itu mengaku, permintaan bantuan masker yang disampaikan warga Jabar di negara terdampak corona terus meningkat, seperti di Taiwan menyusul kelangkaan masker yang membuat harga masker di negara tersebut sangat mahal.

"Mereka curhat via Instagram saya. Ada dari Hongkong, China, dan Taiwan juga. Di sana masker mahal sekali dan krisis," ungkap Emil di Bandung, Rabu (19/2/2020).

Menurut Emil, pengiriman bantuan masker tersebut demi kemanusiaan. Terlebih, di Jabar tidak terjadi krisis persediaan masker dan ada warga Jabar di luar negeri yang sangat membutuhkan masker.

"Di kita belum krisis ya, jadi akhirnya untuk kemanusiaan kita kirim 10 ribuan masker ke Hongkong. Nanti yang kurang ke Taiwan dan lain-lain kita kirim juga," imbuhnya.

Emil menegaskan, pihaknya merespons cepat keinginan warganya di luar negeri yang sangat membutuhkan masker akibat merebaknya wabah virus corona.

"Hari ini kan tidak ada, masih nol di Indonesia. Mudah-mudahan memang Allah takdirkan di kita tidak ada. Tapi tetap kita harus berempati kepada WNI yang ada di luar negeri yang memang membutuhkan," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Perkumpulan Jabar Bergerak, Atalia Praratya menginisiasi pengiriman masker untuk warga Jabar di Hongkong dan China menyusul mewabahnya virus corona (covid-2019) di negara tersebut.

Istri Gubernur Jabar, Ridwan Kamil itu mengungkapkan, dalam beberapa pekan terakhir, permintaan masker dari warga Jabar di Hongkong dan China melalui akun media sosial pribadi dan suaminya terus meningkat. Mereka, kata Atalia, mengeluhkan ketersediaan masker yang sangat langka dan mahal.

"Banyak sekali warga Jabar yang tinggal di sekitar wilayah China, khususnya Hongkong masuk melalui media sosial saya dan Pak Ridwan Kamil. Mereka kesulitan mencari masker dan kebutuhan rumah tangga lainnya," ungkap Atalia di Rumah Dinas Gubernur Jabar Gedung Pakuan, Jalan Otto Iskandardinata, Kota Bandung, Selasa 18 Februari 2020.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.6960 seconds (0.1#10.140)