alexametrics
more
TOPIK TERPOPULER

Virus Corona Jadi Pelajaran untuk Menegakkan Kedaulatan Pangan

Haryudi
Virus Corona Jadi Pelajaran untuk Menegakkan Kedaulatan Pangan
Kepala Tani Center LPPM IPB University Hermanu Triwidodo mengatakan, wabah virus Corona yang merebak saat ini diharapkan jadi pembelajaran bagi pemerintah agar tidak tergantung pada negara lain. SINDOnews/Haryudi

BOGOR - Kepala Tani Center LPPM IPB University Hermanu Triwidodo mengatakan, wabah virus Corona yang merebak saat ini diharapkan jadi pembelajaran bagi pemerintah agar tidak tergantung pada negara lain. Kondisi ini diharapkan jadi pemicu untuk menegakkan kedaulatan pangan.

"Artinya bisa dijadikan kesempatan untuk membangkitkan kedaulatan pangan, dalam artian bisa memberikan kesempatan kepada bangsa bertani sendiri, sehingga bisa berdaulat. Jadi kalau ada apa-apa disana (negara importir) masih ada cadangan," katanya saat Diskusi Terfokus Ekspor dan Impor di era Presiden Jokowi di Kampus IPB Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (17/2/2020).

Tak hanya itu, kata Hermanu, pemerintah harus menjadikan kesempatan ini sebagai upaya dalam model perdagangan yang mampu melindungi kedaulatan petani dan negara. (Baca juga; Prof Nunung Nuryantono: Wabah Virus Corona Pengaruhi Ekonomi Indonesia)



"Bersaing di kancah internasional mungkin tidak lagi bisa dihindari, tapi pertanyaannya model perdagangan seperti apa yang harus dilakukan untuk tetap melindungi kedaulatan petani dan negara," ujarnya.

Lewat diskusi ini, pihaknya berharap ada rekomendasi yang tersusun dan tersampaikan kepada pemerintah, sehingga lahir kebijakan dan program yang pro pertumbuhan tanpa meninggalkan petani. (Baca juga; Terdampak Virus Corona, Harga Bawang Putih di Bandung Masih Tinggi)

Acara diskusi ini turut dihadiri unsur pemerintah, legislatif, pengusaha, petani, akademisi, dan masyarakat sipil. "Diskusi ini sengaja digelar sebagai bagian dari upaya IPB berkontribusi pada pembangunan pertanian dan pembelaan terhadap petani," katanya.



(wib)

preload video