Longsor Terjang Telegong Garut, Satu Warga Tertimbun

Senin, 17 Februari 2020 - 20:34 WIB
Longsor Terjang Telegong Garut, Satu Warga Tertimbun
Foto/SINDONews/Dok/Ilustrasi
A A A
BANDUNG - Bencana tanah longsor menerjang Kampung Legokbintinu RT 01/03, Desa Sukamaju, Kecamatan Telegong, Kabupaten Garut. Akibat peristiwa itu, satu rumah rusak berat dan seorang warga tertimbun, Karna (57).

Kepala Kantor Search and Rescue atau Badan SAR Nasional (Basarnas) Bandung Deden Ridwansah mengatakan, bencana alam tersebut terjadi pada Senin (17/2/2020) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB. Tinggi tebing yang longsor sekitar 15 meter.

"Kantor SAR Bandung menerima informasi peristiwa tertimbunnya seorang warga pada pukul 14.30 WIB dari BPDB Garut. Longsor yang terjadi di Kecamatan Talegong, Kabupaten Garut akibat hujan deras," kata Deden, Senin (17/2/2020).

Akibat longsor tersebut, ujar Deden, berdasarkan data dan laporan sementara yang diterima selain satu rumah rusak berat dan seorang warga tertimbun material tanah, longsor juga menganncam 12 rumah dan 1 mesjid.

"Ada 14 bangunan yang terdampak, 13 rumah dan 1 masjid. Sembilan rumah di sekitar rumah Karna (korban tertimbun), terancam longsor susulan. Untuk sementara warga mengungsi di rumah saudara terdekat," ujar Deden.

Untuk membantu upaya pencarian korban, tutur Deden, Basarnas Bandung menugaskan satu tim rescue meluncur ke lokasi kejadian.

"Pukul 15.00 WIB, satu tim SAR diberangkatkan untuk melakukan pencarian satu korban tertimbun longsor di Desa Sukamaju, Kecamatan Talegong," tutur Kakansar.

Unsur yang terlibat di lapangan, yaitu Kantor SAR Bandung, BPBD Kabupaten Garut, Koramil Talegong, Polsek Talegong, dan Tagana Garut. Tim SAR menggunakan satu unit rescue carier, satu set peralatan medis dan komunikasi.
(awd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 3.6224 seconds (0.1#10.140)